Tidak menjauh

Baca: Mazmur 63

Mazmur ini adalah salah satu mazmur yang menarik dan menyentuh. Mengapa? Karena pemazmur diperhadapkan dengan orang-orang yang ingin mencabut nyawanya (10) dan yang berdusta (12). Saat itu, Daud sedang menyelamatkan diri dari kejaran Saul (1Sam. 23). Dalam tempat persembunyiannya di padang gurun, ia merasakan kesendirian dan kesepian (2).Namun ia memilih untuk tidak berdiam diri menghadapi kesesakannya. Di tengah situasi yang sulit seperti itu, ia tidak mencari pertolongan dari orang lain. Ia datang kepada Allah untuk mencurahkan isi hatinya (2-3).

Daud ingat kepada Allah yang kudus (7), yang kasih setia-Nya melebihi hidup (4). Daud merenungkan tentang Allah yang menjadi penolong baginya dalam kesesakan (8). Di tengah padang gurun itu, Daud mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Perjumpaan ini membuat Daud memperoleh kekuatan untuk menghadapi semua persoalan hidupnya. Ia memuji Tuhan dan bersorak-sorai bagiNya (5-6, 8), bersukacita dan bermegah di dalam Allah (4, 12).

Adalah manusiawi untuk bersedih dan meratap di tengah tekanan hidup. Jika kita bisa bersyukur dan bermegah dalam situasi hidup yang menekan, itu hanya karena kehadiran Tuhan yang memberi kekuatan kepada kita. Inilah yang dialami oleh Daud. Di tengah pergumulannya, ia datang mendekat kepada Allah. Ia mengingat akan perbuatan Tuhan dalam hidupnya selama ini. Ia mengenal Allah yang Ia percaya. Hal ini memberi kekuatan dan ketenangan dalam segala kesesakannya. Di tengah segala tekanan dan kejahatan orang-orang yang menimpanya, Daud dapat mengandalkan dan menantikan Allahnya.

Renungkan: Sekeras apapun tekanan hidup yang menekan kita, jangan menjauh dari Allah. Ingat akan pertolongan-Nya yang telah kita alami hingga saat ini. Ia adalah Allah yang tidak berubah. Ia sanggup menolong dan memberi kita kekuatan seberat apapun persoalan yang kita hadapi. [MF]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: