Tidak Kekurangan dan Disegani

Baca: Ulangan 2:1-25

Perjalanan bangsa Israel telah mendekati tanah Perjanjian. Tahun-tahun yang mereka lewati hampir mendekati 40 tahun. Mengingat kembali penyertaan Tuhan dalam masa damai dan serba berkecukupan. Bahkan keseganan bangsabangsa di sekitar mereka dapat memperbarui semangat untuk menaklukkan dan mendiami tanah perjanjian.

Setelah ketidaktaatan yang mereka lakukan, akhirnya Tuhan membawa mereka kembali ke jalur utara (1-3). Mereka akan melalui 3 daerah, yaitu Seir, Moab, dan Ammon. Tuhan memperingatkan kembali agar mereka berhati-hati dan tidak merebut dan menaklukkan daerah itu karena Tuhan telah memberikannya kepada keturunan Esau dan Lot. Daerah Seir tidak disebut Edom untuk mengingatkan Israel akan Esau saudara mereka. Demikian juga daerah Moab dan Ammon yang telah Tuhan berikan kepada keturunan Lot. Orang Israel tidak boleh merebutnya (4-19).

Ada alasan jelas bahwa Tuhan telah mencukupkan kebutuhan mereka selama berada dalam perjalanan di padang gurun selama 40 tahun. Ungkapan “tidak kekurangan apapun” menunjukkan tidak ada alasan untuk mengambil sesuatu tanpa membayar di sana (7). Tuhan mengingatkan bahwa terhadap bangsa-bangsa itu pun Dia telah bekerja. Sebelumnya, wilayah itu didiami oleh orang-orang yang berbadan besar, seperti orang Enak, tetapi Tuhan menolong bangsa Israel memasuki dan mendudukinya. Israel hanya boleh menaklukkan bangsa Amori dan rajanya dan Tuhan telah menimbulkan keseganan dan kegentaran terhadap bangsa-bangsa sekitarnya (25). Tuhan juga mengingatkan mereka bahwa selama masamasa di padang gurun, semua orang-orang yang berasal dari Mesir telah mati di perjalanan. Mereka semua adalah angkatan baru yang disertai oleh Tuhan.

Jangan pernah melupakan bahwa kasih setia Tuhan tidak pernah berkesudahan, meski umat-Nya memberontak berkalikali. Tetap ada kesempatan baru yang dibukakan tanpa harus menyerang orang atau umat Tuhan lainnya.

Renungkan: Bersyukur dan lebih mentaati Tuhan dalam segala hal! [TNT]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: