Pedulikah anda di mana saudaramu?

Lukas 15:11~32 <Ayat 28: Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia.>

Si anak sulung adalah orang yang tidak bisa mengasihi. Sikap tidak bisa mengasihi itu timbul karena iri hati. Ketika adiknya mendapat perhatian dan kasih dari ayahnya, hatinya tidak rela. Ia berpikir tidak adil jika adiknya yang telah menghabiskan harta ayahnya mendapatkan kasih sayang yang begitu besar dari ayahnya. Cara pandangnya bukan dari sudut kebaikan tapi dari hati yang penuh iri.

Sungguh menarik, bahwa si anak sulung tidak mempunyai masalah ketika berbicara dengan salah seorang hamba dari ayahnya menanyakannya apa yang telah terjadi, tetapi anehnya ia tidak mau berbicara dengan saudaranya sendiri. Ia juga memiliki kesulitan berbicara dengan ayahnya. Ia tidak bersukacita karena adiknya telah kembali..

Bagaimana dengan kita? Tidak sedikit pengikut Yesus bersifat seperti si anak sulung ini. Mereka merasa karena berada di dalam rumah Bapa, cukup terpelihara, terlindung dari segala bahaya, makan minum tidak kurang, semuanya amat menyenangkan baginya, lalu ia lupa kepada saudaranya yang masih terhilang dan tidak menghiraukan mereka.

Bilamana TUHAN datang kepada kita dengan pertanyaan: “Di mana Habel adikmu itu?” Jawaban apa yang akan kita berikan? Apakah kita akan meniru jawaban Kain dengan mengatakan: “Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?” (Kejadian 4:9).

“Tuhan Yesus, ampuni aku karena aku tidak peduli dengan saudara-saudaraku yang terhilang dari hadapan-Mu. Aku sibuk dan hanya memikirkan kepentingan diriku sendiri sehingga tidak tergerak sedikitpun untuk mencari dan mengajak mereka kembali pada jalan-Mu. Tuhan Yesus, ampuni aku orang yang berdosa ini. Amin.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: