“Pemulung”

Suatu ketika seorang guru bertanya kepada murid-muridnya di kelas Sekolah Minggu tentang siapa itu Tuhan?

Steven, yang ayahnya seorang Hakim, menjawab: “Iya.., bahwa Tuhan itu adalah hakim yang mengadili orang jahat.”

Albert, yang ayahnya seorang Dokter, menjawab: “Tuhan adalah dokter yang bisa menyembuhkan segala penyakit.”

Michael, yang papanya adalah Konglomerat, menjawab: “Bahwa Tuhan adalah yang bisa memberikan segalanya.”

Semua anak ditanya dan jawabnya adalah perspektif mereka terhadap pekerjaan bapaknya di dunia.

Tibalah giliran Sarjo yang akan ditanya oleh guru. Guru tahu bahwa ayah Sarjo tidak semapan ayah teman-temannya yang hidupnya berkecukupan. Kepala Sarjo tertunduk kebawah, tidak berani menatap gurunya…

Sang guru lalu bertanya kepada Sarjo, siapakah Tuhan itu?

Dengan suara lemah Sarjo menjawab, bahwa Tuhan itu adalah seorang “pemulung”. Tiba-tiba kelas menjadi ricuh dan ribut dengan jawaban Sarjo, bagaimana bisa Tuhan itu seperti “pemulung”.

Lalu guru pun bertanya, kenapa Sarjo bilang kalau Tuhan itu seperti “pemulung”?

Lalu Sarjo menjawab dengan menengadahkan mukanya, Sarjo berkata bahwa seorang pemulung mengambil barang-barang yang tidak berguna dan mengumpulkannya, membersihkannya sehingga menjadi berguna.

Bapak saya juga memungut saya dari jalanan dan membawa saya pulang ke rumahnya, saya diasuhnya, disekolahkan, dididiknya sehingga menjadi berguna. Jika bapak saya tidak mengambil saya, entah jadi apakah nasib saya sekarang di jalan…

Demikianlah Tuhan ibarat seorang “pemulung” mengambil yang tidak berguna menjadi berguna.

Seluruh kelas terdiam dan tanpa terasa sang guru meneteskan airmata. Lalu dipeluknya Sarjo dengan erat sambil menangis terharu…

Tuhan amat mengasihi aku dan kamu. Kita semua dikasihi Tuhan dan sangat berharga di mata-Nya…

Mazmur 113:7~8 <Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, bersama-sama dengan para bangsawan bangsanya.>

Tinggalkan Balasan

