Berani memperkatakan hal yang benar

Matius 5:37~48 <Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat..>

Boby Jones adalah salah satu pegolf ternama yang pernah memenangkan seluruh turnamen besar “Grand Slam” golf di Amerika dan Inggris dalam tahun yang sama. Dalam satu play off, dalam satu pertandingan final AS terbuka, tanpa sengaja besi tongkat pemukul golf milik Jones menyentuh bola. Ketidaksengajaannya itu membuat dia kehilangan satu pukulan. Kemudian, karena kejujuran hatinya, Jones berpaling kepada wasit dan berkata bahwa ia harus kena penalti karena ia baru saja menyentuh bolanya. Tapi para wasit berkata bahwa mereka tidak melihat hal itu, sehingga mereka tidak memberikan penalti kepada Jones. Jones memang tidak menang dalam pertandingan tersebut, tetapi kesportifannya sangat menginspirasi banyak orang. Bahkan Asosiasi Golf Amerika Serikat menobatkan sebuah penghargaan dengan nama “Boby Jones Award” kepada setiap pegolf yang mampu menunjukkan karakter unggul dalam berolah raga.

Tuhan Yesus pernah memberi sebuah perintah penting kepada orang percaya agar dapat bertumbuh menuju kesempurnaan atau kedewasaan iman (ayat 48). Salah satunya adalah sikap yang berani mengatakan kebenaran (ayat 37). Sebagai murid Kristus, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, terkadang kita diperhadapkan dengan situasi yang dapat membuat kita tidak berani mengatakan kebenaran. Seringkali sikap kompromi bisa terjadi. Kadang ketika kita mengatakan kebenaran ada resiko besar yang mungkin kita terima. Kita bisa tidak disukai bahkan dibenci oleh orang sekitar yang tidak suka suatu kebenaran dikatakan.

Biarlah Roh Kudus menuntun kita agar diberikan hikmat dan keberanian untuk dapat mengatakan kebenaran yang sesungguhnya apapun resikonya.

Orang yang hidup dalam kebenaran seharusnya mampu mengatakan kebenaran.

“Tuhan Yesus, mampukan aku untuk mengatakan kebenaran-Mu dalam situasi apapun. Amin.”

Satu Tanggapan

  1. yes … amiinnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: