Jalan Keluar bagi Dosa Karena Pelanggaran

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Imamat 5:14-6:7; 7:1-10

Korban Penebus Salah ditetapkan untuk menebus dua jenis dosa.

Pertama, pelanggaran atas hal kudus (misalnya: persepuluhan, buah sulung, anak sulung dari hewan peliharaan, dan sebagainya; Keluaran 34:26; Ulangan 15:19) yang dipersembahkan kepada Allah (5:15).

Kedua, perbuatan yang merugikan sesama secara materi (contoh: gagal menepati janji, perampasan, atau pemerasan; 6:2-4). Untuk korban ini, Allah menetapkan pendosa mempersembahkan seekor domba jantan yang tidak bercela (5:15; 6:6). Kemudian, pendosa harus mengganti kerugian yang timbul ditambah denda seperlima dari kerugian tersebut. Untuk dosa yang berkaitan dengan persembahan kepada Allah, ganti rugi dan dendanya diserahkan kepada imam (5:16). Jika sesama dirugikan, ganti rugi dan dendanya diserahkan kepada orang yang dirugikan (6:5).

Bacaan Alkitab hari ini memberikan dua pelajaran bagi kita:

Pertama, perlunya kepekaan kepada perintah Allah, khususnya yang berkaitan dengan pemberian persembahan dan tekad untuk tidak merugikan sesama secara materi.

Kedua, kesediaan bertobat dari pelanggaran kita yang dibuktikan dengan kesediaan mengembalikan kepada Allah apa yang menjadi hak-Nya dan membayar ganti rugi kepada sesama atas kerugian materi yang kita timbulkan dalam kehidupan mereka. Kita tidak perlu membawa korban domba untuk pengampunan dosa karena Kristus yang adalah Anak Domba Allah telah mati bagi kita, sehingga segala dosa dan pelanggaran kita sudah diampuni-Nya (Yohanes 1:29; Kolose 2:13; 1 Yohanes 1:8-9).

Apakah yang Anda pelajari dari firman Allah hari ini? Bagaimana Anda memberi pesembahan kepada Allah? Apakah Anda jujur memberikan persembahan persepuluhan? Bagaimana Anda memperlakukan sesama? Apakah Anda jujur dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak merugikan sesama secara materi? [TF]

“Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita.” Kolose 2:13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: