Masa dan Waktu Tuhan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kisah Para Rasul 1:6-11

Di dalam Markus 10:37 kita mendapatkan kisah tentang permintaan untuk duduk di sebelah Tuhan Yesus yang didahului pengajaran tentang mengikut Tuhan akan menerima upahnya (Markus 10:30). Mereka dipengaruhi pemahaman tentang Mesias saat itu, yaitu bahwa Mesias hadir untuk menjadikan bangsa Yahudi sebagai bangsa yang besar dan penting di antara bangsabangsa lain seperti pada masa Daud dan Salomo.

Penjelasan di atas mengantarkan kita untuk memahami permintaan yang disampaikan sesaat sebelum Tuhan Yesus naik ke sorga, “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?” (Kisah Para Rasul 1:6). Murid-murid masih mengharapkan adanya pemulihan kerajaan secara fisik, dan mengharapkan bahwa kehadiran mereka akan diperhitungkan dalam masa pemerintahan Mesias sesegera mungkin (pada masa ini). Namun, mereka mendapatkan jawaban bahwa masa dan waktunya sesuai dengan yang ditetapkan Allah Bapa (1:7).

Apakah saat kita menantikan penggenapan janji Tuhan, kita seakan-akan memohon, “Tuhan, pulihkanlah kami saat ini!” di dalam menantikan digenapinya janji Tuhan itu? Bukankah hal tersebut terasa wajar dan sering kita ucapkan ketika kita memohon kepada-Nya? Bacaan dan renungan hari ini mengingatkan kita untuk menerima dan menghormati waktu yang telah ditetapkan Allah Bapa.

Sebagai umat yang menerima dan menghormati waktu yang ditetapkan Allah Bapa, kita harus tetap percaya akan pertolongan dan penyertaan-Nya, bahkan kita harus percaya terhadap kuasa yang diberikan-Nya (1:8). Selanjutnya, kita harus tetap menjalankan panggilan kita saat ini. [SJS/P]

Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.” Kisah Para Rasul 1:7

Satu Tanggapan

  1. Berikan kami hikmat agar kami paham kehendakmu amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: