Kuasa Roh Kudus : Keberanian Melayani

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kisah Para Rasul 2:14-21

Beberapa waktu sebelum peristiwa Pentakosta, tepatnya sesaat sebelum Tuhan Yesus ditangkap di Taman Getsemani, Petrus bersama murid-murid lainnya meninggalkan Dia dan melarikan diri karena ketakutan (Markus 14:50). Setelah Roh Kudus dicurahkan pada hari Pentakosta, seolah-olah peristiwa di Taman Getsemani tak pernah terjadi atau pun diingat kembali. Petrus dan kesebelas rasul serta merta memiliki keberanian yang luar biasa untuk menyampaikan kebenaran Injil kepada orang-orang Yahudi.

Seberapa berbedanya Petrus saat di Taman Getsemani dan saat Pentakosta? Bukankah dia adalah Petrus yang sama, yang telah berkata tak akan menghianati gurunya, namun juga Petrus yang takut kepada seorang anak perempuan yang menghubungkan dia dengan Tuhan Yesus? Pada hari Pentakosta, Petrus mengalami kepenuhan Roh Kudus, sehingga orientasinya berubah. Ia menjadi seorang yang berani melayani Tuhan. Ia dengan suara nyaring berkhotbah kepada ribuan orang yang berkumpul di Yerusalem pada hari Pentakosta.

Apakah sebelumnya Petrus mengasihi Tuhan Yesus? Ya, pasti! Namun, sebelum Pentakosta, Petrus takut ditangkap dan takut mati. Setelah dipenuhi Roh pada hari Pentakosta, prioritasnya dalam mengikut Tuhan Yesus berubah dan dia berani berbicara tentang Berita Injil Tuhan Yesus tanpa ragu-ragu.

Apakah Anda mengasihi Kristus? Jika saudara menjawab, “Ya”, apakah Tuhan Yesus menjadi prioritas utama di dalam hidup Anda dan Anda rela melayani-Nya dengan sepenuh hati? Marilah kita berdoa memohon Roh Kudus memberi keberanian kepada kita untuk melayani, khususnya untuk mengabarkan kebenaran Injil Tuhan Yesus Kristus. [SJS]

“Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil. ” 1Korintus 9:16

Satu Tanggapan

  1. Berikan saya hikmat dan keberanian untuk melayani sesama amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: