Kuasa Roh Kudus: Menunjukkan Jalan Pertobatan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kisah Para Rasul 2:38-40

Ciri bahwa kuasa yang bekerja dalam diri kita berasal dari Roh Kudus adalah pelayanan kita membawa orang mengalami pertobatan dan memiliki hidup baru sehingga semakin mengenal Tuhan Yesus. Pada ayat 38, Petrus yang dipenuhi Roh Kudus mengajak para pendengarnya untuk bertobat dan menerima baptisan untuk pengampunan dosa. Dari sanalah, para petobat akan menerima karunia Roh Kudus.

Suara Roh Kudus pasti akan membuat gelisah setiap orang yang masih bermain dengan dosa. Sebaliknya, suara Roh Kudus akan meneguhkan kita untuk tetap berjalan di dalam kebenaran firman sesuai dengan panggilan Tuhan atas kita. Dalam kehidupan kita sekarang ini, Roh Kudus tetap berkarya dan terus membawa kita di dalam proses pengudusan hidup; antara lain dengan menunjukkan jalan pertobatan saat kita jatuh dalam dosa. Roh Kudus akan terus mendorong kita untuk menyesali perbuatan dosa yang kita lakukan dan membawa kita untuk kembali kepada Bapa Yang Baik.

Yang perlu kita lakukan adalah melatih diri untuk semakin peka terhadap pimpinan Roh Kudus. Dalam setiap pergumulan dan masalah, Roh Kudus membimbing kita. Di setiap kejatuhan dalam dosa, suara Roh Kudus menyadarkan kita untuk meninggalkan dosa. Namun, yang menghalangi suara Roh Kudus adalah kekurangpekaan terhadap suara Roh Kudus yang seringkali disamarkan dengan keinginan, dan bahkan seringkali telinga rohani kita menjadi “tuli” terhadap teguran Roh Kudus karena kebebalan hati kita. Hari ini, marilah kita belajar untuk semakin peka atas setiap teguran dan arahan dari Roh Kudus atas hidup kita. [SJS]

“Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh! ” Mazmur 51:12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: