Pentakosta: Kepenuhan Roh Kudus

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Kisah Para Rasul 2:1-4

Dalam bacaan hari ini, kita menemukan kisah bagaimana orang percaya dipenuhi dengan Roh Kudus. Bila kita dipenuhi Roh Kudus berarti kita mempersilakan Roh Kudus secara bebas menuntun dan menguasai setiap bagian dari hidup kita. Itulah yang dialami orang percaya pada saat itu: Roh Kudus menguasai mereka, lalu membuat mereka berbicara dalam bahasa-bahasa lain.

Kepenuhan Roh Kudus bukan hanya menyangkut perbuatan kita, namun juga menyangkut pikiran dan motivasi kita yang paling dalam. Roh Kudus menguasai pikiran kita dan membawanya untuk senantiasa ditundukkan kepada pikiran Kristus (2 Korintus 10:5). Dalam hal ini, pikiran kita dipakai untuk senantiasa memuliakan Tuhan dengan cara menempatkan pikiran Kristus dalam pikiran kita.

Sekalipun demikian, ketundukkan kita tidak bersifat otomatis karena ketundukan itu tidak mudah. Yang bisa menghalangi kita untuk dipenuhi oleh Roh Kudus adalah dosa. Dosa membuat kita tidak bersedia menundukkan pikiran kita kepada Kristus. Hanya bila kita hidup dalam ketaatan kepada Allah, maka kita dapat mempertahankan kepenuhan Roh Kudus di dalam diri kita. Perlu disadari bahwa supaya hidup kita tetap dipenuhi oleh Roh Kudus, caranya bukanlah dengan berdoa berulangulang, melainkan dengan ketaatan kepada perintah Allah serta dengan mengizinkan Roh Kudus bekerja secara bebas dalam diri kita. Saat ini, yang perlu segera kita lakukan adalah secepat mungkin membereskan dosa dalam hidup kita dan memperbarui iman kita, agar kita bisa dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus di setiap langkah hidup kita setiap hari. [SJS]

“Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita, bagi Dialah kemuliaan di dalam jemaat dan di dalam Kristus Yesus turun-temurun sampai selama-lamanya. Amin. ” Efesus 3:20-21

Satu Tanggapan

  1. Amin, terima kasih atas renungan harian ini. benar kalau kt mau dipenuhi Rohkudus maka kt hrs hidup kudus dan melakukan perintah Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: