Yang Terbaik Bagi Allah

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Imamat 7:22-38

Teks hari ini adalah bagian penutup dari serangkaian peraturan tentang berbagai macam kurban yang dipersembahkan kepada Allah. Di bagian ini, kita membaca dua peraturan penting:

Pertama, umat Israel dilarang memakan lemak dari lembu, domba, atau kambing yang dipersembahkan (7:22) dan darah dari hewan yang dipersembahkan (7:26-27). Mengapa demikian? Dalam budaya saat itu, lemak adalah bagian terbaik seekor binatang. Oleh sebab itu, lemak yang ada harus dibakar sebagai simbol bahwa bagian yang terbaik dipisahkan bagi Allah saja. Sedangkan darah melambangkan kehidupan, sesuatu yang sakral yang hanya boleh dipersembahkan kepada Allah.

Kedua, bagian dada dan paha dikhususkan bagi imam yang menjalankan ritual persembahan tersebut (7:31b-34). Prinsip ini mengajarkan bahwa orang yang secara khusus mempersembahkan seluruh hidupnya bagi pelayanan Allah layak mendapatkan dukungan dari orang-orang yang dilayani untuk mencukupkan segala kebutuhan hidupnya.

Ada dua pelajaran yang dapat diterapkan dalam gereja pada masa kini:

Pertama, dalam kehidupan bergereja, Allah harus lebih diutamakan daripada manusia. Sama seperti seluruh sistem persembahan kurban dirancang hanya untuk menyenangkan hati Allah, demikian juga seluruh pelayanan gereja hari ini dimaksudkan untuk memuliakan Allah. Menurut Anda, apakah prinsip ini sudah diterapkan dalam gereja masa kini? Bagaimana pandangan Anda jika ada gereja berusaha menyesuaikan banyak hal agar jemaat betah dan tidak pindah gereja?

Kedua, gereja (dalam hal ini pengurus atau majelis) perlu secara teliti memperhatikan kebutuhan para hamba Tuhan yang mempersembahkan seluruh waktunya untuk melayani Tuhan di gereja, supaya mereka dapat berkonsentrasi memikirkan dan menjalankan pelayanan dengan baik. [TF]

“… yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu? Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Inji litu.” 1 Korintus 9:13-14

Satu Tanggapan

  1. Amin puji Tuhan ,sangat memberkati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: