Tuduhan dan Tindakan Perzinaan

Baca: Ulangan 22:13-20

Tidak jarang persoalan besar terjadi setelah masuk dalam pernikahan karena ketidakjujuran di antara pasangan sebelum pernikahan. Dalam nas ini ada tuduhan seorang suami atas ketidakperawanan istrinya (14). Hal ini dapat disebabkan oleh kebencian yang tidak dibukakan sebelum pernikahan (13). Dalam budaya Israel pada masa itu, hal ini harus dibuktikan dengan menunjukkan tanda fisik oleh orangtua perempuan di hadapan para tua-tua (15-17). Apabila tuduhan itu tidak benar, maka laki-laki itu harus dihukum dengan hajaran, denda, dan perempuan itu tetap menjadi istrinya (18-19). Apabila tuduhannya benar, maka perempuan itu harus dilempari hingga mati karena tindakannya menodai umat TUHAN, Israel (20-21).

Dalam hal perzinaan ada perbedaan penghukuman pada orang yang telah menikah atau bertunangan yang berada di dalam kota. Apabila yang berzina adalah orang yang telah menikah atau bertunangan dan mereka melakukan hal itu di kota, dalam arti ada kesempatan meminta pertolongan bila itu adalah paksaan, maka keduanya harus dihukum mati (22-24). Apabila peristiwa itu terjadi di padang, yang kemungkinan perempuan yang telah bertunangan itu telah berteriak tetapi tidak ada yang menolong, maka hanya laki-laki itu yang dihukum mati (25-27). Tetapi bila perempuan itu masih perawan dan belum bertunangan, maka laki-laki itu harus membayar denda kepada orangtua perempuan itu dan menjadikan perempuan itu sebagai istrinya (28-29). Dalam aturan yang sama orang Israel juga dilarang untuk berzina dengan istri ayahnya, yaitu seseorang selain ibu kandungnya (30).

Hal perzinaan telah diatur secara tegas oleh TUHAN (Kel. 20:14). Larangannya jelas tidak boleh dan ada ancaman hukuman mati. Dalam hal ini juga penting kejujuran dan kesiapan menerima kondisi pasangan sebelum masuk dalam jenjang pernikahan agar tidak timbul persoalan, bahkan kebencian setelah pernikahan.

Menjaga kekudusan hidup pernikahan adalah hal yang mutlak bagi setiap umat TUHAN. [JH]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Satu Tanggapan

  1. Trims atas renungnan hari ini biar setiap org selalu hidup dlm kekudusan krn itu yg dikehendaki Allah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: