Hidup Kudus Sebagai Umat Allah

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Imamat 19

Sebagai umat pilihan, Israel dituntut Allah untuk memiliki kekudusan dalam seluruh aspek kehidupan. Alasan tuntutan ini adalah bahwa Allah yang memanggil mereka adalah kudus adanya (19:2). Menariknya, perintah ini dilengkapi dengan serangkaian sikap dan tindakan yang membuktikan kekudusan hidup seseorang, yang dikelompokkan dalam tiga kategori.

Pertama, dalam relasi dengan Allah: menguduskan hari Sabat, tidak menyembah berhala atau arwah orang mati, jujur dan benar dalam memberi korban persembahan baik berupa binatang maupun hasil bumi.

Kedua, dalam relasi dengan sesama: menghormati orang tua, berlaku jujur dalam perdagangan, tidak memeras, tidak bersaksi dusta, bersikap adil dan jujur di pengadilan, tidak semena-mena kepada budak dan orang asing, tidak mendendam dan menuntut balas.

Ketiga, dalam perilaku kehidupan: tidak makan darah, tidak melakukan telaah atau ramalan, tidak menyiksa diri sebagai tanda berduka ditinggal mati orang yang dikasihi, tidak berlaku sundal.

Mengapa Allah memberikan perintah yang begitu terperinci kepada bangsa Israel? Karena Allah sungguh ingin agar bangsa Israel memiliki kehidupan yang berbeda dengan bangsa-bangsa sekitar yang hidup dalam kecemaran dan dosa-dosa yang menjijikkan di hadapan Allah. Hal ini terbukti dengan pernyataan “Akulah TUHAN, Allahmu” sebanyak 16 kali dalam pasal ini, sebuah penegasan agar bangsa Israel serius menghormati kekudusan Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai umat Allah pada masa kini, semua perintah di atas juga berlaku bagi kita. Bacalah ulang secara perlahan setiap perintah yang tercatat dalam pasal ini. Perintah manakah yang sudah Anda taati dengan baik? Perintah manakah yang belum Anda taati dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh? [TF]

TUHAN berfirman kepada Musa: “Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus.” Imamat 19:2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: