Jangan Belajar Berlaku Keji

Baca: Ulangan 18:9-22

Orang Israel senang belajar. Kali ini mereka belajar melakukan tindakan kekejian yang dilakukan oleh bangsa-bangsa lain di tanah Kanaan yang TUHAN larang (9).

Bukannya mempertahankan ibadah di hadapan TUHAN, mereka justru ikut-ikutan melakukan hal-hal keji bagi Tuhan. Mereka melakukan hal yang tidak TUHAN izinkan seperti mempersembahkan anak-anak mereka sebagai kurban dalam api, menjadi atau mendengarkan petenung, peramal, penelaah, dan seorang penyihir. Ada juga yang menjadi seorang pemantera, bertanya kepada arwah, roh peramal, atau meminta petunjuk kepada orang-orang mati (10-12, 14).

Sebagai bangsa pilihan, seharusnya mereka hidup tidak bercela di hadapan TUHAN (13). Untuk mencegah kecenderungan seperti itu, TUHAN membangkitkan seorang nabi di antara mereka, sama seperti Musa. Setiap perkataan yang diucapkannya dari TUHAN, ada tuntutan terhadap orang yang tidak mendengarkannya (15-19). Apabila ada orang yang menyatakan dirinya menyampaikan firman TUHAN dan mengucapkan nama-Nya, sementara apa yang dikatakannya tidak terlaksana maka tidak perlu gentar menghadapinya (20-22).

TUHAN tidak senang bila umat-Nya belajar dari hal yang salah, bahkan menjijikkan bagi-Nya. TUHAN tidak ingin bila umat-Nya mengikuti adat kebiasaan dan budaya bangsa sekitarnya menyembah hal-hal yang bukan Tuhan. Yang lebih parah, mereka tidak segan-segan mengorbankan hal yang paling berharga seperti anaknya untuk ilah-ilah lain. TUHAN bukan hanya tahu melarang, Dia juga buka jalan. TUHAN senang apabila umat mau belajar. Tetapi belajar yang Dia mau adalah dari orang yang TUHAN pilih, dan hanya menyampaikan firman TUHAN. Ada ciri dari orang tersebut yakni perkataan-Nya terlaksana.

Dari siapa kita belajar saat ini? Adakah tindakan hidup Anda adalah usaha penyesuaian dengan lingkungan sekitar, bukan berdasarkan firman TUHAN? Kita adalah umat pilihan-Nya. Karena itu, belajar hanya dari TUHAN, maka tindakan hidup kita akan memuliakan-Nya. [TNT]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: