Hasil Pertama dan Persepuluhan

Baca: Ulangan 26:1-19

Israel selalu diingatkan akan asal-usulnya, masa perbudakannya hingga mereka memasuki Tanah Perjanjian dan memperoleh hasil yang berlimpah dari tanah itu. Mereka harus menyadari bahwa semua itu hanya anugerah TUHAN. Karena itu, mereka diperintahkan untuk membawa hasil pertama dari tanah yang mereka peroleh kepada TUHAN. Persembahan ini harus dibawa ke tempat yang telah TUHAN pilih dan dibawa kepada imam dalam sebuah bakul dengan bersujud kepada TUHAN. Pada saat itu mereka harus menyatakan pengakuan mereka akan karya TUHAN yang telah mereka alami sejak nenek moyangnya hingga saat ini dan memohon berkat dari pada-Nya (1-10, 15).

Dalam kesempatan ini mereka harus mengajak orang Lewi dan orang asing serta semua orang yang ada bersama mereka untuk bersukaria (11). Mereka juga harus mempersembahkan persepuluhan dan memberikan bagian dari orang Lewi, orang asing, anak yatim dan janda. Dalam segala situasi, perkabungan atau kenajisan mereka tidak boleh melalaikan persembahan kudus ini (12-14). Dengan ketaatan dan kesetiaan pada perintah ini, TUHAN berjanji menjadi Allah mereka dan mereka menjadi umat kesayangan-Nya, mengangkat mereka di antara segala bangsa menjadi terpuji, ternama dan terhormat (16-19).

Orang percaya juga telah mengalami karya TUHAN sepanjang kehidupannya. Tanpa pertolongan TUHAN, tidak ada seorang pun yang dapat menjadi umat-Nya dan menikmati berkat-berkat dari kehidupan ini. Oleh karena itu, umat TUHAN dimana dan kapanpun bertanggungjawab membawa persembahan hasil pertama pekerjaannya dan persepuluhan kepada TUHAN. Hal ini harus dilakukan dalam kerendahan hati dan kesadaran penuh akan Allah sebagai sumber semua berkat itu. Dalam kesempatan ini, orang percaya wajib mengikutsertakan, membagikan berkat kepada para pelayan TUHAN, orang asing, anak yatim dan janda. Pengakuan akan karya TUHAN dalam hidup kita harus dirasakan oleh orang-orang lain yang membutuhkan. [JH]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: