Bersandar pada Tuhan

Baca: Mazmur 71:1-16

Pemazmur berada dalam usia lanjut dan telah kehilangan kekuatan fisiknya. Ia mendapatkan ancaman yang berasal dari anggota keluarganya, anaknya sendiri. Absalom ingin menggulingkan pemerintahan ayahnya dengan cara yang kejam (2Sam.16). Pemazmur merasa malu dan terancam (1).

Ia mengadukan perkataan musuh-musuhnya yang menganggap bahwa Allah telah meninggalkan pemazmur dan tidak ada yang dapat melepaskannya, sehingga ia dengan mudah dikejar dan ditangkap (10-11, band. 2Sam. 16:8; 15:3-4; 17:1-2). Ia menaikkan doa kepada Allah agar melepaskan, meluputkan, mendengarkan, dan menyelamatkannya. Ia memohon agar Allah menjadi tempat perteduhan dan pertahanan yang kokoh baginya, yang meluputkan dia dari orang fasik (2-4). Ia juga memohon agar TUHAN tidak membuang atau meninggalkannya saat dia sudah berusia tua dan tidak punya kekuatan (9). Pemazmur juga memohon agar Allah segera mendekat dan menolongnya, mempermalukan, dan menghabisi musuh-musuhnya yang mengingini kecelakaannya (12-13).

Pemazmur masih berada dalam kondisi yang dipermalukan, diancam, dan sendirian. Tetapi ia mengingat dan berharap akan Tuhan yang telah ia percayai sejak masa muda. Bahkan ia menyadari bahwa sejak dalam kandungan hingga dilahirkan, Tuhan telah menopangnya. Banyak orang yang menyaksikan perlindungan Tuhan yang kuat dan ajaib dalam kehidupannya (5-7). Dengan keyakinan akan Allah yang seperti ini, pemazmur dapat menaikkan pujian di tengah-tengah penderitaannya. Ia bukan hanya memuji dan menghormati Tuhan. Pemazmur tidak tenggelam dalam ketakutannya saat ini. Ia justru menceritakan keadilan, keselamatan dan keperkasaan Tuhan sepanjang hidupnya (14-16).

Tidak ada seorang pun yang selalu berada dalam kekuatan dan jaminan yang kokoh, serta rekan-rekan yang mendukung setiap saat. Tetapi TUHAN selalu dapat diandalkan! Tanamkan iman yang kokoh kepada anak sejak kecil.
– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: