Hati-hati Menjaga Diri!

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Bilangan 31

Bangsa Midian adalah salah satu bangsa yang menjadi musuh bangsa Israel. Dalam pasal ini, Allah memerintahkan agar bangsa Israel melakukan pembalasan terhadap bangsa Midian. Pembalasan ini tentulah disebabkan karena bangsa Midian (bersama bangsa Moab) telah menyesatkan bangsa Israel dengan menyuruh kaum wanitanya merayu orang Israel, dan selanjutnya membuat banyak orang Israel yang jatuh ke dalam penyembahan berhala, sehingga bangsa Israel mendapat hukuman Tuhan (pasal 25). Sayangnya, agaknya pasukan Israel merasa kasihan ketika melihat para wanita Midian yang telah menjadi janda karena suami mereka gugur ketika berperang melawan bangsa israel. Hal itu membangkitkan kemarahan Musa (31:14-17).

Dalam hidup kita, hampir dapat dipastikan ada halhal yang bisa membuat kita berbuat dosa. Hal-hal itu kelihatannya sepele dan tidak berbahaya. Akan tetapi, bila hal-hal yang membahayakan iman kita itu dibiarkan, hal-hal yang nampaknya sepele itu bisa membuat kita jatuh dalam dosa saat kita lemah secara rohani. Hal-hal yang bisa membawa kita ke dalam dosa itu mungkin berupa lingkungan yang berdosa (misalnya kawan-kawan yang senang berjudi atau bermabuk-mabukan), atau usaha yang menggoda untuk mendapat keuntungan besar dalam waktu singkat dengan melakukan manipulasi, dan sebagainya.

Pikirkanlah kehidupan Anda. Apakah Anda bisa menemukan hal-hal yang suatu ketika bisa membahayakan iman Anda dan membuat Anda jatuh ke dalam dosa? Apakah Anda mengenali hal-hal yang harus Anda ubah atau Anda tinggalkan dalam kehidupan Anda? [P]

“Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut.” Amsal 16:25

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: