Yang Dikasihi Jangan Lupa Mengasihi

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Ulangan 10-11

Apakah Anda pernah bertemu dengan orang yang lupa bahwa dulu dia pernah dikasihi? Apakah Anda pernah mendengar kisah tentang seorang anak yang sejak kecil dikasihi dan dibesarkan oleh orang tuanya, tetapi kemudian (setelah dewasa) menelantarkan orang tuanya? Musa memperingatkan bangsa Israel agar mereka jangan melupakan Tuhan yang telah mengasihi mereka. Musa ingin agar bangsa Israel selalu sadar bahwa mereka telah dikasihi oleh Allah, sehingga selanjutnya mereka selalu mengabdi dan setia kepada-Nya (10:14-16; 11:16).

Selain menginginkan agar bangsa Israel mengasihi Allah, Tuhan juga menginginkan agar bangsa Israel mengasihi orang lain. Tuhan menginginkan agar bangsa Israel memiliki kasih dan perhatian terhadap orang-orang yang membutuhkan keadilan, yatim piatu, janda, dan orang-orang asing yang berada di sekitar mereka. Sikap terhadap sesama ini seharusnya muncul dalam kehidupan umat pilihan Allah yang sudah mengalami kasih dan pertolongan Allah saat mereka menghadapi kesukaran dan penindasan di Tanah Mesir.

Marilah kita sekali lagi mengingat kasih Allah dalam hidup kita, mengingat awal pertobatan kita, mengingat kesukaran yang pernah kita alami, dan mengingat bagaimana Tuhan Allah telah menolong kita. Kiranya semua ingatan itu senantiasa mendorong kita untuk mengasihi Tuhan dan sesama manusia. Marilah kita mengasihi oleh karena kita telah lebih dulu dikasihi. Hendaklah pikiran kita selalu mengingat akan kasih Allah yang telah dicurahkan kepada kita sehingga kita selalu ingat untuk mengasihi orang lain. [MB]

“Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.” Galatia 6:2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: