Penghakiman yang Dahsyat

Ditulis oleh: Inawaty Teddy

Baca: Nahum 2:3-13

Tuhan kita adalah Allah yang penyayang, pengasih, dan panjang sabar. Ia adalah Allah yang tidak sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman (Kel. 34:6-7). Penghakiman Tuhan sangat mengerikan sebagaimana yang dilakukan-Nya kepada kota Niniwe.

Tuhan memerintahkan Niniwe untuk mengikat pinggang teguh-teguh dan mengumpulkan segala kekuatan (1). Tuhan ingin supaya Niniwe mengadakan perlawanan sekuat tenaga mereka. Kedahsyatan peperangan digambarkan dengan kereta-kereta yang melaju galak di jalan, kejar mengejar dengan kecepatan seperti kilat (4). Keadaan Niniwe yang kacau digambarkan dengan para pahlawannya yang dengan tergesa-gesa berlari ke arah tembok kota sampai tersandung saking terburu-burunya karena alat pendobrak sudah ditegakkan (5). Tetapi kota itu tidak dapat bertahan, pintu-pintu di sungai telah terbuka, dan istana menjadi gempar (6).

Dalam dunia kuno, ketika dua kerajaan bertempur, yang terutama bertempur adalah allah-allahnya. Maka tidak mengherankan bahwa patung allah (harfiah: “permaisuri”; kemungkinan mengacu kepada Ishtar, dewi cinta) dibawa keluar dan ditelanjangi (7). Niniwe yang banyak menjarah kekayaan kerajaan lain menjadi target jarahan (9). Kedahsyatan dan kegaduhan yang terjadi membuat banyak orang menjadi tawar hati dan pucat pasi (10).

Niniwe dicemooh menjadi singa yang tidak dapat lagi menerkam mangsanya (11-12). Tuhan akan membuat Niniwe tidak dapat lagi menerkam mangsanya dan suara utusan Niniwe tidak akan terdengar lagi (13).

Ketika Tuhan membiarkan orang fasik menjadi kuat tidak berarti Tuhan kalah. Ia membiarkan orang fasik berjaya terlebih dahulu. Pada akhirnya Tuhan memberikan penghakiman yang dahsyat karena tidak ada dosa yang tidak akan dihukum. Ketika kejahatan merajalela jangan putus asa, akan tiba waktunya penghakiman Tuhan yang dahsyat akan datang dan keadilan Tuhan dinyatakan di bumi.

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: