Akulah TUHAN

Ditulis oleh: Tety Novriyanti Telaumbanua

Baca: Yehezkiel 6:1-14

Dalam bagian ini, TUHAN menegaskan diri-Nya berkali-kali dengan menyatakan “Akulah TUHAN.” Hal ini untuk mengingatkan Israel akan ikatan perjanjian yang telah terikat antara Allah dan mereka.

Allah telah memberikan segala keistimewaan kepada Israel di antara segala bangsa, tetapi mereka terus memberontak kepada-Nya. Setelah Kemah Suci hingga Bait Suci dibangun, maka ibadah di luar tempat yang telah ditunjukkan Allah dianggap tidak layak, bahkan dilarang. Israel ikut-ikutan tradisi bangsa lain yang menyembah berhala di bawah setiap pohon-pohon besar di atas bukit-bukit atau gunung-gunung. Allah meminta Yehezkiel menyatakan murka-Nya dengan menujukan wajahnya ke gunung-gunung Israel, yaitu tempat-tempat Israel mempersembahkan korban kepada Allah dan berhala (1-3). Mezbah-mezbah, pedupaan (“Ibrani” menunjuk kepada penyembahan dewa matahari) mereka dan orang-orang, bahkan berhala-berhalanya dihancurkan, dibinasakan, dan diremukkan. Ketika menyaksikan kehancuran semuanya ini dan acungan tangan TUHAN yang membinasakan umat-Nya, orang-orang yang melihatnya akan menyadari dan mengakui Dialah TUHAN (4-7,10,13-14).
TUHAN memberikan keluputan kepada sebagian umat-Nya. Mereka akan menyesali dan mual terhadap segala perbuatan keji mereka dan penyembahan berhala yang membuat mereka jauh dari TUHAN. Mereka akan memandang kepada TUHAN, bukan lagi kepada berhala-berhalanya. Bukan saja hati mereka Ia kembalikan kepada-Nya, bahkan mereka akan menyadari bahwa selama ini “hati TUHAN hancur“ karena segala tindakan mereka (9; bdk. versi terjemahan Inggris, Jerman). TUHAN bersungguh-sungguh atas penghukuman-Nya sehingga Yehezkiel diminta untuk menyerukannya dengan tegas (10-12).
Hanya anugerah TUHAN yang dapat membuat kita datang menghadap-Nya dan memiliki hati yang mengasihi-Nya. Jangan menganggap remeh peringatan TUHAN! Bersyukurlah atas anugerah-Nya yang memperbarui kita.

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: