Selaras Tingkah Lakumu!

Ditulis oleh: Tety Novriyanti Telaumbanua

Baca: Yehezkiel 7:1-27

Hari TUHAN pasti datang dan penghukuman atas segala yang hidup di muka bumi ini pasti akan berlangsung (Am. 5: 18-20; 1Pet. 4:7,17).

Pasal 7 menjadi klimaks dari pasal 4-6 yang menyatakan bencana pasti datang melanda Israel. Hal itu tampak dari kata “kesudahannya telah tiba” (1-4), “bencana telah tiba” (5-9), “harinya telah tiba” (10,11), “waktunya telah tiba” (12,13)”. Israel harus menerima semua hukuman yang telah TUHAN tetapkan “selaras dengan tingkah lakunya, bahkan perbuatan-perbuatannya yang keji” (3-4,8-9,27). Hukuman yang tidak dapat dielakkan ini akan menimpa seluruh umat, tanpa ada pengecualian. Bahkan mereka yang kaya dan berlimpah harta bendanya tidak akan dapat melindungi diri dengan segala harta bendanya. Harta benda itu akan dianggap cemar karena telah digunakan untuk menyembah berhala. Segala kekayaan akan menjadi sia-sia dan hanya menjadi jarahan musuh (11,19-24).

Pembiaran dan penolakan TUHAN membuat tidak ada seorang pun dapat mempertahankan diri, bahkan berjuang melawan musuh (14-24). Tidak ada pengharapan bagi mereka karena dalam ketakutan tidak ada lagi kabar keselamatan.

Firman TUHAN yang telah ditolak oleh umat Israel tidak mereka dengarkan lagi melalui para nabi, imam, dan tua-tua. Penghukuman TUHAN menimpa seluruh lapisan penduduk, dari raja, pemimpin bahkan seluruh penduduk. Inilah pembalasan bagi Israel yang TUHAN berikan selaras dengan tingkah laku mereka yang jahat, perbuatan mereka yang keji, dan cara mereka menghakimi. Semua ini TUHAN lakukan agar mereka mengetahui dan sungguh-sungguh mengenal bahwa Dia yang mereka tolak dan lawan adalah TUHAN (25-27).

Jangan andalkan segala kekuatan dan harta duniawi karena semuanya akan hancur tak bernilai di hadapan-Nya. Jangan andalkan siapapun karena penguasa terkuat sekali pun dihancurkan oleh kuasa-Nya. Selama masih ada kesempatan, terimalah tawaran keselamatan dan pengajaran-pengajaran kebenaran dari TUHAN!

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Satu Tanggapan

  1. Puji Tuhan, setiap kali membaca renungan pagi ini hati saya teduh dan rasanya tak henti mengucap syukur atas berkat dan karunia-Nya:) Terima kasih Tuhan, Ajaib perbuatanMu sanggup pulihkan.
    GodBless…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: