Lihat Perbuatan Mereka!

Ditulis oleh: Tety Novriyanti Telaumbanua

Baca: Yehezkiel 8:1-18

Yehezkiel dibawa oleh Roh melihat Bait Allah di Yerusalem, khususnya pintu gerbang pelataran dalam, melihat apa yang ada dan dilakukan orang Israel bersama para imam di sana.

Yehezkiel melihat patung berhala yang membangkitkan murka Allah (1-5). Di sana 70 orang tua-tua kaum Israel melakukan penyembahan di setiap kamar yang dipenuhi oleh gambar-gambar berhala berupa binatang-binatang haram, yang oleh Musa disebut najis. Karena raja Yoyakhim dan penduduk Israel telah diangkut ke dalam pembungan, maka Allah dianggap telah meninggalkan mereka serta tidak melihat mereka dan sudah meninggalkan tanah Israel (bdk. 9:9; Maz. 94:7). Israel menganggap berhala-berhala itu lebih berkuasa dan dapat melindungi mereka (6-12). Perempuan-perempuan Israel juga melakukan pemujaan terhadap dewa Tamus, yaitu dewa kesuburan dan dewa dunia orang mati asal Asyur yaitu Babel (bdk. Ul. 28:11-12, 17-24; Mzm. 104: 10-30; Yo. 2: 18-27; dll.). Israel percaya bahwa tumbuh-tumbuhan diatur oleh Sang Dewa (13-14). Sementara itu laki-laki Israel memuja dewa matahari (bdk. Ul. 4:19; 2Raj. 21:5; 23:5,11; dll.). Mereka adalah 24 orang imam dan 1 orang imam besar atau pemimpin imam (15-16; bdk. Yl. 2:17; 1Taw. 24:5, dst; Yeh. 9:6). Ada juga orang-orang Israel yang melakukan upacara dengan mengunjukkan ranting kepada hidung mereka (17; bdk. penganut Zoroastrianisme atau orang Parsi saat berdoa atau dengan menggunakan lambang-lambang kejantanan pria).

TUHAN murka atas semua kejahatan Israel ini yang tidak saja menentang-Nya, bahkan menggantikan ibadah terhadap-Nya di Bait Suci dengan penyembahan berhala. Ia memutuskan tidak akan merasa sayang dengan Israel lagi, bahkan tidak akan mendengarkan mereka lagi (18).

Umat TUHAN, jangan bangkitkan murka-Nya! Baik laki-laki atau perempuan, dari kalangan umat bahkan pemimpin umat, para hamba TUHAN. Sesulit apa pun situasi yang kita hadapi, ingatlah bahwa TUHAN tidak pernah meninggalkan kita. Ia selalu memperhatikan kita.

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: