Pemusnahan bagi yang Tidak Bertobat

Ditulis oleh: Tety Novriyanti Telaumbanua

Baca: Yehezkiel 9:1-11

TUHAN menyerukan dan memanggil orang-orang yang akan melakukan penghukuman atas Israel. Dari antara pemusnah ini, ada seseorang yang bertugas untuk memberi tanda T pada dahi orang-orang yang tidak ikut dalam segala perbuatan keji yang dilakukan oleh orang-orang Israel lainnya (1-4).


Mereka adalah para malaikat yang merupakan bala tentara (bdk. Kel. 12:23-30; 1Taw. 21:15-20) yang dipersiapkan untuk mengeksekusi para penyembah berhala. Alat penulis yang digunakan terlihat dihubungkan dengan pencatatan sorgawi (Kel. 32:32-33; Mzm. 69:28; 139:16; Dan. 12:1; dll.). Penglihatan Yehezkiel merupakan peringatan akan penyembahan berhala yang tidak memiliki tempat di kota Allah (1Kor. 5:11; 6:9; Ef. 5:5; Kol. 3:5; Why. 21:8; 22:15; dll.). Awan kemuliaan melambangkan kehadiran ilahi atas tempat yang Maha Tinggi di Bait-Nya. Awan itu memulai sebuah perjalanan yang secara visual menggambarkan bahwa Allah akan meninggalkan Yerusalem (10:18-19; 11:22-23). Penandaan dahi dengan huruf T menjadi simbol atas kelepasan atau keselamatan dari orang yang ditandai sebagaimana kelepasan anak-anak sulung Israel dari kematian (6; bdk. Kel. 12:12-13; Why. 7:3; 14:9). Selain yang diberikan tanda, semua orang Israel lainnya dibinasakan. Pembinasaan ini dimulai dari Bait Allah, dari para tua-tua. TUHAN dengan tegas menyatakan bahwa penghukuman ini merupakan akibat kesalahan mereka, hutang darah, dan ketidakadilan yang mereka lakukan. TUHAN tidak sayang dan tidak menyatakan belas kasihan-Nya lagi atas Israel (5-11).

TUHAN selalu memberi kesempatan dan anugerah kepada umat-Nya. Penolakan dari umat sendiri terhadap-Nya membuat TUHAN murka dan menghukum umat-Nya. Bagaimanapun, tetap ada sisa umat yang diselamatkan. Mereka adalah orang-orang yang mempertahankan kehidupan yang kudus, tidak menyembah berhala, dan berduka karena dosa bangsanya.
Ingin selamat dari murka TUHAN? Jaga kekudusan, hiduplah seturut kehendak dan Firman-Nya!

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: