Nubuat Melawan Pemimpin

Ditulis oleh: Tety Novriyanti Telaumbanua

Baca: Yehezkiel 11:1-33

Tidak sedikit persekutuan dan gereja-gereja TUHAN hancur karena sikap dan tindakan para pemimpinnya.

TUHAN memperlihatkan kepada Yehezkiel dua puluh lima orang pemimpin bangsa Israel di antaranya Yaazanya bin Azur dan Pelaca bin Benaya, yang sedang berada di pintu gerbang Timur dari rumah TUHAN (1). TUHAN menyebutkan mereka sebagai orang-orang yang merancang kedurjanaan dan menaburkan nasihat jahat di kota Yerusalem. Mereka merasa percaya diri karena masih ada di Yerusalem setelah penyerbuan Babel tahun 597 sM. Mereka merasa aman dan diperkenan Allah, bahkan menganggap diri mereka sebagai daging pilihan dalam periuk “Yerusalem, sedang orang-orang buangan adalah tulang.” Mereka bertahan dalam kejahatan dan tidak mau mendengarkan perkataan nabi bahwa mereka juga akan dibinasakan TUHAN (2-3). Mereka membunuh banyak orang di Yerusalem (6). Mereka melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak dan peraturan TUHAN; justru melakukan peraturan-peraturan bangsa di sekitar mereka (12).

TUHAN memerintahkan Yehezkiel untuk bernubuat melawan mereka karena Ia tahu apa yang timbul di dalam hati mereka (4-5). TUHAN menegaskan bahwa orang-orang yang mereka bunuh adalah orang-orang pilihan-Nya (7). Para pemimpin yang tidak benar digiring keluar dari Yerusalem untuk dibunuh oleh pedang, diserahkan kepada orang asing, dan dijatuhi hukuman (7-11). TUHAN menghukum agar mereka menyadari bahwa Dialah TUHAN yang berkuasa atas mereka (10,12). Sesudah mengucapkan nubuat itu, penghukuman pertama menimpa Pelaca bin Benaya yang langsung mati saat itu juga. Yehezkiel takut dan bertanya akan kasih TUHAN terhadap sisa Israel (13).

Setiap orang percaya harus memperingatkan para pemimpin yang masih berkubang dalam segala kejahatannya. Di atas semua pemimpin ada TUHAN yang berkuasa mencabut nyawa orang yang paling berkuasa sekalipun. Bagi para pemimpin, janganlah terus hidup dalam dosa, TUHAN akan menghukummu!

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: