Hati yang Lain dan Roh yang Baru

Ditulis oleh: Tety Novriyanti Telaumbanua

Baca: Yehezkiel 11:14-25

TUHAN menjawab Yehezkiel tentang sisa Israel (11:13). Penduduk Yerusalem benar dalam anggapan bahwa orang-orang Israel telah jauh dari TUHAN. Tetapi, TUHAN tidak mengalihkan tanah itu kepada mereka.

Orang Israel telah diserakkan ke negeri-negeri di mana TUHAN tidak lagi menjadi tempat kudus bagi mereka. TUHAN akan menghimpun dan mengembalikan mereka ke tanah Israel (14-17). Pengembalian posisi bukan hanya secara geografis di tanah Israel, tetapi juga kepada penyembahan yang benar akan TUHAN. Mereka akan menjauhkan segala dewa yang menjijikkan dan segala perbuatan keji dari mereka (18). TUHAN akan melakukan pembaruan spiritual, membarui hati mereka, dan memberi roh yang baru (bdk. 1Sam. 10:9; Yeh. 37:15-22; Yer. 32:37-39), melembutkan hati mereka untuk menjadi taat melakukan segala ketetapan dan peraturan-Nya dengan setia (19-20; bdk. Yer. 31:31-33). Tetapi, hukuman tetap ditimpakan atas keberpautan hati mereka kepada dewa-dewa dan perbuatan-perbuatannya yang keji (21). Sesudah memberitahukan semua ini, kemuliaan TUHAN bersama kerub-kerub itu meninggalkan kota Yerusalem dan hinggap di atas gunung yang di sebelah timur kota (22-25).

TUHAN sangat mengasihi umat-Nya. Ketika Israel harus dibuang akibat kejahatannya, mereka tetap dalam pemeliharaan-Nya. Allah dalam kekudusan-Nya tetap memelihara mereka dan memberi mereka kesempatan untuk kembali ke Tanah Perjanjian. Ia telah memilih mereka sebagai umat-Nya dan tidak mengalihkan status itu kepada bangsa lain. Allah juga memampukan mereka untuk melakukan pembaruan dari diri sendiri. Pusat kehendak dan semangat mereka untuk menyembah dan memuliakan TUHAN akan dikembalikan-Nya.

Dalam kasih-Nya, TUHAN memperbarui keinginan kita yang terdalam untuk mendekat kepada-Nya dan meninggalkan segala kejahatan. Sekotor apa pun masa lalu dan keinginan hati kita, TUHAN sanggup mengubah kita!

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: