Hakim bagi Segala Bangsa

Ditulis oleh: Maria Fennita Santosa

Baca: Mazmur 76

Banyak penafsir mengasosiasikan mazmur ini dengan kemenangan yang dialami oleh umat Allah atas kepungan Sanherib, raja Asyur (lih. 2Taw. 32:20-23). Dalam peristiwa ini, tampak jelas bagaimana Allah membela umat-Nya dan memberikan kemenangan bagi mereka. Kemenangan yang diperoleh umat Tuhan melawan Sanherib adalah kemenangan mutlak karena Tuhan yang bertindak (lih. 2Taw. 32:20-23), bukan karena umat yang berperang melawan pasukan Sanherib. Pada peristiwa tersebut, Allah bertindak sebagai Hakim yang adil, bukan hanya bagi umat-Nya, melainkan juga bagi bangsa-bangsa lain yang mengalami penindasan.

Itu sebabnya dalam mazmur ini, Asaf memuji kemahsyuran dan kehebatan Allah (2-5) yang berdiam di tengah umat. Ketika Allah bertindak menyatakan penghakiman-Nya, tidak ada seorang pun yang dapat menghadapi keperkasaan-Nya (6-8,13; bdk. 2Taw. 32:21) dan menghindari penghukuman-Nya (9-10; bdk. 2Taw. 32:22). Bahkan kemarahan bangsa yang membenci Tuhan pun dapat dijadikan syukur bagi Allah (11). Panasnya hati manusia yang tidak mengenal TUHAN justru menjadi kesempatan bagi TUHAN untuk menyatakan diri-Nya, membuktikan kekuasaan-Nya, dan menyelamatkan umat-Nya.

Asaf menyaksikan bagaimana Allah menjalankan penghakiman. Dengan keperkasaan-Nya, Allah bangkit menyatakan penghukuman bagi para penindas dan pelaku kejahatan (10a). Pada saat yang sama, Ia juga menjadi penyelamat bagi semua orang yang mengalami penindasan (10b). Oleh karena itu, terhadap Allah yang sedemikian dahsyat, hebat, dan cemerlang itu, Asaf mengajak umat untuk mengikatkan diri dengan TUHAN (bernazar atau bersumpah) dan tidak melupakan kewajiban mereka (12; bdk. 2Taw. 32:23) sebagai umat Allah yang telah diselamatkan-Nya.

Adakah Anda sedang mengalami ketidakadilan? Percayalah kepada Tuhan, Hakim yang adil bagi segala bangsa! Ia akan melaksanakan keadilan bagi umat yang mengasihi-Nya!

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: