Engkau Mengambil Milik-Ku

Ditulis oleh: Jumrianto Hariandja

Baca: Yehezkiel 16:15-34

Bagaimana bila seseorang menggunakan harta milik kita sesuka hatinya, bahkan menyakiti dan menyerang kita?


Israel menggunakan segala berkat, kekayaan yang TUHAN berikan, pakaian-pakaian, perhiasan emas dan perak, tepung, minyak dan madu, segala yang Ia limpahkan kepada mereka untuk menyembah berhala dan dewa-dewa seperti bangsa-bangsa di sekitar mereka (15-19). Israel seperti perempuan sundal dengan memberikan segala yang ia peroleh (bdk. Yes. 1:21). Bahkan Israel juga ikut-ikutan mempersembahkan anak-anak laki-laki dan perempuannya sebagai korban dalam api (20-21, bdk. Im. 18:21; Im. 20:2-5; Ul. 12:31; 18:10). Israel seharusnya mengingat masa muda mereka saat tidak memiliki apa-apa dan dipandang rendah oleh semua bangsa (22). Tetapi, Israel terus menambahkan kejahatannya. Mereka menjalin ikatan dengan bangsa-bangsa asing, Mesir dan Asyur, Kasdim yang kemudian menghancurkan mereka. Mereka tidak mengandalkan TUHAN, tetapi berharap kepada bangsa-bangsa lain (2Taw. 16:1-9; 19:1-2; Yer. 2:36-37). Filistin dipakai TUHAN pakai untuk menyerang mereka (23-30). Israel bersundal dengan memberikan segala miliknya dalam persundalannya (31-34). Akibatnya, Israel kehilangan segala yang dimiliki, yaitu segala kekayaan dan kelimpahan. Mereka juga menerima penghukuman TUHAN yang memusnahkan segala yang masih ada pada mereka.

TUHAN sudah memberikan segala yang terbaik kepada Israel, tetapi mereka lupa diri. Akibat semua kejahatan mereka, TUHAN mengizinkan bangsa yang ada di dekatnya, bahkan tetangga dan bangsa yang bekerja sama dengannya menghancurkan dan merebut semua yang mereka miliki. TUHAN hanya ingin Israel mengingat akan masa mudanya, asal usulnya, dan kasih yang telah diberikan TUHAN kepadanya.
Jangan gunakan berkat-berkat TUHAN untuk hal-hal yang tidak diperkenan-Nya. Jangan sampai TUHAN menghukum kita dan memusnahkan semua yang telah Ia berikan!

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: