TUHAN akan Merendahkan

Ditulis oleh: Jumrianto Hariandja

Baca: Yehezkiel 17:1-24

TUHAN telah berulang kali menyampaikan firman-Nya dengan bahasa yang dapat dimengerti dan lambang melalui tindakan Yehezkiel bagi Israel. Tetapi, mereka terus mengeraskan hatinya.

TUHAN menyindir Israel atas ketergantungan kepada bangsa-bangsa lain, bukan kepada Allah dengan menggunakan teka-teki dan suatu bentuk perumpamaan (1-2). Pertama kali mereka menjalin kerja sama dengan “rajawali besar“, yaitu Raja Nebukadnezar dari Babel yang datang ke “Libanon“, yaitu Yerusalem (3,12). Raja Nebukadnezar membawa “pucuknya yang paling ujung“, yaitu raja Yoyakhin dari Yehuda, mengangkutnya ke dalam pembuangan di Babel (2Raj. 24:11-16). Setelah mengangkut semua penguasa dan orang yang berkuasa di sana, ia menempatkan seorang dari keturunan raja untuk memimpin sisa kerajaan itu dan mengadakan perjanjian dengannya. Bukannya taat, raja Zedekia dari Yehuda kemudian memberontak terhadap Nebukadnezar dan berpaling ke Mesir untuk meminta bantuan militer, yaitu kuda dan tentara yang besar (4-8,11-15, bdk. 2Raj. 24:20). Akibat memandang ringan sumpah dan perjanjian itu, raja Zedekia mendatangkan maut atas dirinya sendiri. “Angin Timur“, yaitu pasukan Babel datang datang dan mengangkut Zedekia tertawan ke Babel, ia mati di sana (9-10,16-21; bdk. 2Raj. 25:7).

TUHAN akan merendahkan bahkan membinasakan orang-orang yang meninggikan diri dengan bersekutu dengan raja dan bangsa yang tidak takut akan TUHAN; tidak bergantung kepada-Nya. TUHAN akan meninggikan orang-orang yang direndahkan, yaitu orang-orang yang mencari-Nya dan tetap mengandalkan Dia. Sesungguhnya, TUHAN akan menumbuhkan sebuah “pucuk yang paling ujung dan masih muda“, sebuah tunas, yaitu Yesus Kristus, Sang Mesias. Kerajaan-Nya akan ditetapkan dari seluruh bumi (22-24; bdk. Yes. 11:1; Yer. 23:5; Yoh. 34:23).
Taat dan bersabar dalam kesulitan, apalagi jika itu merupakan akibat dosa kita. Jangan memberontak apalagi menggantikan TUHAN dengan mengandalkan orang lain!

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: