Hukuman kepada Amon dan Moab

Ditulis oleh: Togap D. Alam

Baca: Yehezkiel 25:1-11

Setelah Allah memberitakan penghakiman-Nya atas Israel, maka tiba saatnya Allah juga mengadili dan menyatakan penghukuman-Nya atas Amon dan Moab.

Dengan jelas Allah menyuruh Yehezkiel mengarahkan pandangan matanya ke wilayah bani Amon untuk mengutuk tanah dan penduduknya (1-2). Allah Israel akan menghancurkan bangsa Amon karena mereka adalah musuh bebuyutan bangsa Israel. Orang-orang Amon sangat gembira apabila bangsa Israel hancur. Mereka sering bersekutu secara politik dengan negara di sekitarnya demi melenyapkan Israel dari muka bumi. Saat Yehezkiel menubuatkan kehancuran Israel, mereka menyumpahi kaum Israel. Karena itu, Allah mengatakan kepada penduduk Amon jangan terlalu cepat bergembira. Sebab, hukuman yang sama akan menimpa mereka dan seluruh wilayah mereka. Hasil bumi dan kekayaan mereka akan dirampas oleh orang-orang Babel (3-4,6).

Allah menubuatkan tanah orang Amon tidak akan didiami oleh siapa pun. Karena Allah akan memakai kerajaan Babel untuk menjarah dan melenyapkan mereka dari muka bumi (7). Dengan demikian, tanah mereka akan menjadi tempat kambing domba mencari makanan (5).

Hukuman Allah terhadap Amon juga ditimpakan kepada bangsa Moab. Dosa orang-orang Moab adalah mengutuki dan menghina kejatuhan bangsa Israel (8). Hal itu sama artinya mereka telah menghina kekudusan dan kemuliaan nama Allah sebagai Allah Israel. Saat hari penghukuman itu datang, negeri Moab yang permai berubah menjadi kota reruntuhan. Orang-orang Kasdim dari Babel akan meluluhlantakkan wilayah Moab dan Amon agar mereka mengenal siapakah Allah Israel itu (9-11).

Allah Israel adalah Allah yang berdaulat atas segala sesuatu yang ada di dunia. Dengan kedaulatan-Nya, Ia mencegah meningkatnya laju kejahatan melalui keadilan, kebenaran, dan penghakiman-Nya. Karena itu, marilah kita mengoreksi diri di hadapan-Nya setiap hari dan memohon tuntunan-Nya.

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: