Tanda Peringatan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yosua 4

Untuk mengenang suatu peristiwa penting, biasanya seseorang mendirikan tugu di tempat terjadinya peristiwa dengan tujuan agar di kemudian hari, orang yang melihat tugu itu mengetahui bahwa pernah terjadi suatu peristiwa di tempat tersebut. Demi-kian pula dengan yang dilakukan oleh Yosua ketika memimpin bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan: Ia mendirikan dua belas batu peringatan di Gilgal (4:5-7).

Seperti Tuhan telah memberikan mujizat membelah laut Teberau kepada Musa, demikian pula di zaman Yosua, Allah membuat mujizat membelah sungai Yordan agar bangsa Israel dapat menyeberang dengan berjalan di tengah sungai itu. Tentu saja peristiwa ini tetap terasa luar biasa karena generasi yang masuk ke tanah Kanaan adalah generasi yang berbeda dengan mereka yang keluar dari tanah Mesir. Mereka melihat bagaimana karya Allah begitu luar biasa dalam memimpin mereka mema-suki tanah Kanaan.

Agar mereka tidak melupakan peristiwa itu, Allah memerin-tahkan kepada Yosua agar perwakilan tiap suku mengambil batu dari tengah-tengah sungai Yordan untuk dijadikan tanda peri-ngatan bagi bangsa Israel pada waktu itu, agar mereka dapat menceritakan perbuatan Tuhan kepada generasi mendatang.

Perbuatan Tuhan yang besar bukan hanya dilakukan kepada orang Israel, melainkan kepada kita juga. Apakah Anda pernah membuat tanda peringatan akan perbuatan Tuhan dalam hidup Anda untuk menjelaskan kepada orang lain bahwa Tuhan kita hi-dup? Jika belum pernah, buatlah tanda peringatan akan kebaik-an Tuhan dalam wujud plakat atau selipan buku, sehingga ketika kita melihatnya, kita mengingat kembali akan karya-Nya yang dapat kita ceritakan kepada orang lain. [SL]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: