Tuhan Yang Berperang

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yosua 6

Saat raja kota Yerikho beserta pasukannya bersiap-siap untuk berperang dengan mengatur barisan dan membuat strategi, yang dilakukan oleh orang Israel justru malah mengelilingi kota Yerikho sekali sehari sambil meniupkan sangkakala selama enam hari. Pada hari ketujuh, mereka mengelilingi kota Yerikho tujuh kali, meniup sangkakala dan bersorak-sorai. Strategi pe-rang Israel sangat tidak lazim dilakukan, tapi hal itulah yang Allah perintahkan kepada Yosua.

Mengapa Allah memberikan strategi perang demikian? Bu-kankah pasukan perang Yosua cukup banyak? Dalam pasal 6, ada tiga hal yang bisa kita pelajari:

Pertama, Allah ingin agar orang Israel melihat bahwa kuasa Allah melebihi kuasa segala ilah di tanah Kanaan, dan bahwa Ia menyerahkan kota Yerikho ke dalam tangan umat-Nya untuk ditumpas (6:2). Allah ada di pihak mereka, siapakah yang sanggup melawan mereka?

Kedua, bangsa Israel tidak boleh berbangga diri karena telah ber-hasil menggempur dan menghanguskan kota Yerikho dengan segala kegagahan para pahlawannya (6:2), padahal jumlah mereka hanya empat puluh ribu orang yang mampu berperang (4:13). Mereka berhasil menang hanya karena Tuhan memberi kemenangan.

Ketiga, Allah bekerja dengan cara yang tidak dapat dibatasi oleh pemikiran manusia. Sungguh-sungguh di luar kemampuan pemikiran orang Israel bahwa tembok Yerikho yang tebal dapat diruntuhkan hanya dengan mengelilinginya sebanyak tiga belas kali selama seminggu serta dengan meniup sangkakala dan bersorak-sorai. Dalam hidup ini bukan kah kita sering menghadapi persoalan besar seperti “tembok Yerikho”? Apakah Anda percaya bahwa Allah sanggup menolong kita me-nyelesaikan persoalan tersebut? [SL]

“Berbahagialah manusia yang kekuatannya di dalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah!” Mazmur 84:6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: