Membuahkan Keberhasilan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yosua 11-12

Kemenangan bangsa Israel dalam merebut tanah Kanaan tidak terlepas dari ketaatan mereka terhadap perintah Tuhan. Setiap kali mereka akan maju berperang, TUHAN me-nyampaikan firman-Nya kepada Yosua, dan Yosua tidak melalaikan sedikit pun segala perintah Tuhan.

Ketaatan Yosua dalam menjalankan perintah Tuhan me-rupakan buah perjalanannya mengikuti Musa selama puluhan tahun saat Musa memimpin bangsa Israel. Akan tetapi, ketaatan tidak selalu membuat apa yang kita kerjakan berjalan mulus. Terkadang, kita tetap harus menghadapi tantangan demi tantangan, baik dari dalam maupun dari luar.

Pasal 11 menceritakan bagaimana Yosua memenangkan pertempuran melawan raja-raja orang Kanaan di sebelah timur dan di sebelah barat. Pertempuran ini sebenarnya merupakan pertempuran yang tidak seimbang karena raja-raja itu saling bersekutu dan jumlah mereka digambarkan seperti pasir di tepi laut, beserta sangat banyak kuda dan kereta (11:4), padahal orang Israel berjumlah sedikit. Namun, Allah menyerahkan mereka ke dalam tangan Yosua dan bangsa Israel, bahkan Allah memerintahkan agar bangsa Israel menumpas mereka sampai habis (11:6). Hanya dengan keta-atan penuh kepada perintah Tuhan, maka Yosua dan bangsa Israel bisa memenangkan pertempuran yang tidak seimbang ini (11:7-14)

Ketaatan membutuhkan komitmen dan keteguhan hati. Ketaatan membuahkan keberhasilan, sedangkan Ketidak-taatan membuahkan hukuman. Pilihan ada di tangan kita: Mana yang akan kita pilih hari ini? [SL]

“Seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, hamba-Nya itu, demikianlah diperintahkan Musa kepada Yosua dan seperti itulah dilakukan Yosua: tidak ada sesuatu yang diabaikannya dari segala yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.” Yosua 11:15

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: