Tidak Dilupakan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yosua 21

Pada umumnya manusia mudah lupa. Itulah sebabnya, de-wasa ini cukup banyak perangkat yang dapat membantu manusia agar tidak lupa. Tidak seperti manusia, Allah tidak pernah lupa akan janjinya. Sekalipun suku Lewi tidak mendapat milik pusaka, bukan berarti mereka tidak memiliki tempat untuk tinggal dan hidup di antara saudara-saudara sebangsanya.

Allah telah memerintahkan melalui perantaraan Musa bahwa suku Lewi dikhususkan untuk melayani Tuhan. Oleh karena itu, milik pusaka mereka adalah Tuhan. Mereka tidak mendapatkan bagian dari tanah Kanaan, namun Tuhan tetap mengingat mereka dan tidak melupakan mereka. Ia memerintahkan orang Israel di dataran Moab di tepi sungai Yordan di dekat Yerikho, agar setiap suku non-Lewi memberikan kota-kota dari milik pusaka mereka kepada orang lewi untuk mereka diami beserta tanah-tanah penggembalaannya (Bilangan 35:1-8). Yosua 21 menjadi penggenapan janji bagi suku Lewi itu. Memang, mere-ka tidak memiliki milik pusaka. Akan tetapi, mereka tidak dilupakan oleh Tuhan. Allah yang memanggil dan mengkhususkan suku Lewi untuk menjadi pelayan-Nya adalah Allah yang adil. Oleh karena itu Ia mencukupkan keperluan mereka melalui sebelas suku yang lain.

Demikian juga dengan para rohaniwan yang dipanggil Tuhan secara khusus untuk melayani Dia sepenuh waktu. Mereka mungkin tidak memiliki warisan tanah, namun mereka tidak dilupakan Tuhan. Allah memelihara mereka melalui umat-Nya. Marilah kita mengingat para rohaniwan yang melayani di antara kita. Dukunglah mereka dalam doa dan perhatikan kebutuhan hidup mereka, sebab dengan demikian, kita menjadi perpan-jangan tangan Tuhan bagi mereka. [SL]

“Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus.” Filipi 4:19

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: