Dari Gilgal ke Bokhim

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Hakim-hakim 1:1-2:5

Bacaan Alkitab hari ini menghubungkan kitab Hakim-hakim dengan kitab Yosua (bandingkan 2:6 dengan Yosua 24:28), sekaligus merangkum terjadinya degradasi (kemerosotan) kero-hanian bangsa Israel sesudah Yosua meninggal.

Gilgal adalah tempat yang Tuhan pilih untuk mengawali peng-genapan perjanjian-Nya dengan bangsa Israel mengenai Tanah Kanaan. Setelah menyeberangi sungai Yordan, Gilgal menjadi lokasi markas pasukan Israel. Di Gilgal, ikatan perjanjian antara Allah dengan bangsa Israel diperingati melalui Sunat dan Paskah. Dari Gilgal, bangsa Israel memulai penaklukan Kanaan di bawah pimpinan Yosua yang ditandai oleh kehadiran Panglima Balatentara Tuhan (Yosua 5:14). Melalui penaklukan Kanaan, noda perbudakan Mesir dihapus dari Israel (Yosua 5:9).

Sebaliknya, Bokhim adalah tempat Tuhan memberitakan hukuman atas ketidaktaatan Israel yang mengabaikan firman Tuhan. Bangsa Kanaan yang seharusnya dimusnahkan—tetapi dibiarkan hidup—sekarang menjadi jerat bagi Israel (Hakim-hakim 2:1-3). Malaikat Tuhan meninggalkan Gilgal menuju Bokhim sebagai simbol bahwa Tuhan meninggalkan perjanjian-Nya dan menetapkan penghukuman-Nya atas ketidaktaatan Israel.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berperang dalam peperangan yang harus Anda jalani bersama Panglima Balatentara Tuhan atau berperang sendiri? Setia kepada Tuhan dan taat kepada firman Tuhan adalah kunci agar Tuhan selalu berperang bersama Anda. Apakah Tuhan bersama Anda seperti bersama Israel di Gilgal atau Tuhan sudah pergi ke Bokhim meninggalkan kita untuk berperang sendirian? Sesungguh-nya, barangsiapa berperang bersama Tuhan pasti akan menang! [CA]

“Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia.” Wahyu 17:14

Satu Tanggapan

  1. Bersama Tuhan kita akanmenang,tetaplah berjalan bersama Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: