Jaga Perkataan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Hakim-hakim 11:29-12:15

Sembarang berkata-kata sangat buruk akibatnya. Sebuah keluarga bisa hancur, sebuah persahabatan bisa retak, sebuah kerjasama bisa batal, bahkan sebuah pelayanan bisa terbengkalai akibat perkataan yang salah. Sebuah perkataan yang tidak dipikirkan dengan matang dapat menghancurkan kehidupan orang lain dan merugikan diri sendiri.

Demikianlah yang terjadi dengan Yefta. Perkataannya (nazarnya) yang sembarangan menghancurkan kehidupan anak perempuan satu-satunya dan menghancurkan hatinya sendiri (11:35-40). Kita yakin bahwa Yefta tidak pernah mengira bah-wa nazarnya akan menimpa anak perempuannya. Itulah sebab-nya hatinya hancur.

Seringkali kita tidak pernah menduga akibat dari apa yang kita katakan. Kita tidak pernah menduga bahwa sebuah keluarga bisa hancur karena perkataan kita. Kita tidak pernah merencanakan agar sebuah persahabatan rusak, atau suatu kerjasama dalam pekerjaan gagal, atau suatu pelayanan menjadi terbengkalai. Walaupun kita tidak pernah merencanakan hal-hal itu, semua itu mungkin saja terjadi akibat perkataan kita yang salah atau sembarangan.

Sebagai orang percaya, kita harus menjaga perkata-an kita dengan menghindari perkataan yang buruk dan memakai perkataan yang baik (Efesus 4:29). Perkataan yang baik akan membangun relasi di antara keluarga, teman, rekan bisnis, maupun rekan pelayanan. Sebaliknya, perkataan yang buruk akan menghancurkan. Perkataan seperti apa yang sering kita gunakan: Perkataan yang buruk dan sem-barangan atau perkataan yang baik dan membangun? [CA]

“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” Efesus 4:29

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: