Kamu Adalah Surat Kristus

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Korintus 3

Latar belakang pasal ini adalah hasutan guru palsu yang menuduh Paulus tidak memiliki otoritas mengajar karena tidak memiliki surat pujian seperti yang mereka miliki. Saat itu, seorang guru agama biasanya membawa surat kuasa dari pemimpin agama Yahudi di Yerusalem (bandingkan dengan Kisah Para Rasul 9:2; 22:5) atau surat pujian dari komunitas yang pernah diajar (bandingkan dengan Kisah para Rasul 18:27; Roma 16:1) sebagai bukti otoritasnya untuk mengajar.

Paulus membela keabsahan pelayanannya melalui dua cara: Pertama, ia memiliki surat pujian Kristus yang ditulis Roh Allah dalam hati jemaat Korintus, berupa perubahan hidup yang terlihat dan dapat disaksikan oleh semua orang, jauh lebih unggul daripada surat pujian para guru palsu yang ditulis dengan tinta di atas loh-loh batu (3:2-5). Kedua, ia menunjukkan bahwa pengajarannya lebih unggul daripada pengajaran para guru palsu yang mengharuskan orang percaya menjalankan seluruh peraturan Taurat Musa untuk memperoleh keselamatan. Paulus menunjukkan bahwa seluruh Taurat Musa berbicara tentang Kristus, namun mereka tidak menemukan Kristus karena mata rohani mereka tertutup oleh selubung. Hanya Kristus yang dapat menyingkapkan selubung tersebut, sehingga orang yang percaya kepada Kristus mendapat keselamatan (3:6-18).

Bacaan Alkitab hari ini memberikan dua pelajaran. Pertama, kita adalah surat Kristus yang dapat dibaca semua orang. Renungkan apakah hidup Anda sebagai orang percaya menunjukkan perubahan positif yang nyata dan dapat disaksikan semua orang? Kedua, di tengah beredarnya banyak pengajaran sesat, kita harus teguh berpegang pada kebenaran Injil yang kita terima melalui pengajaran Kitab Suci. [TF]

Satu Tanggapan

  1. Berikan kami iman percaya yang teguh sehingga orang dapat membaca kami karena iman percaya kami hanya kepada Yesus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: