Kristen NATO

Baca: Roma 2:17-29

Sorotan Paulus terhadap orang Yahudi menjadi lebih tajam, sekalipun ia sendiri adalah orang Yahudi (lih. 2Kor. 11:22; Fil. 3:5-6) dan berisiko untuk dinilai dengan hal-hal yang ia soroti. Namun, Paulus tidak mundur. Ia tetap menyampaikan kebenaran firman Allah kepada orang Yahudi. Terhadap orang-orang sebangsanya, Paulus menegaskan bahwa hukum Taurat dan sunat bukan jaminan keselamatan mereka. Bukan tanpa alasan Paulus menegaskan hal ini.

Pertama-tama, Paulus memperlihatkan kepada orang Yahudi mengenai apa yang mereka miliki, antara lain: mereka memiliki panggilan dan hak sebagai orang Yahudi (17), mereka punya hukum Taurat (17), mereka punya kebanggaan agamawi (17), punya kepandaian dan pengetahuan agamawi (18), punya keyakinan akan kebenaran (19-20), punya tanda lahiriah sebagai orang Yahudi, yaitu sunat (25b). Secara lahiriah, mereka sah sebagai orang Yahudi dan tak perlu diragukan.

Akan tetapi dalam pandangan Paulus, semua itu sia-sia belaka. Pada kenyataannya, hidup mereka sama sekali tidak memiliki keteladanan sebagai orang Yahudi (21-25). Mereka tahu banyak soal hukum dan aturan dari Allah, tetapi mereka tidak melakukannya (21-25). Tidak heran jika Paulus mengkontraskan sikap hidup mereka dengan orang non-Yahudi yang tidak memiliki hukum Taurat dan tidak bersunat (26-27). Bagi Paulus, mereka tidak memiliki tanda sunat rohani (28-29). Itulah sebabnya, keyahudian lahiriah tidak ada gunanya. Bahkan, Paulus menyebut sikap hidup orang Yahudi seperti itu sebagai bentuk penghujatan terhadap nama Tuhan (24). Yang terpenting adalah kesungguhan percaya dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan sehari-hari (29).

Biarlah hal ini menjadi peringatan keras bagi kita. Jangan hidup keagamaan kita hanya sebatas KTP belaka di mana iman percaya kita tidak terwujud dalam perbuatan sehari-hari. Tuhan tidak menebus kita hanya untuk menjadi orang Kristen NATO (No actions, talk only). [MFS]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: