Manfaat Menderita Karena Iman

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Korintus 5

Bagaimana respons orang pada umumnya terhadap penderi-taan yang dia alami? Negatif! Namun, tidak demikian dengan Paulus! Ia tidak tawar hati menghadapi penderitaan yang dia alami karena pelayanan Injil yang dilakukannya. Mengapa Paulus memiliki pandangan positif seperti ini?

Pertama, karena ia tahu bahwa penderitaan tersebut bersifat sementara dan tidak berarti bila dibandingkan dengan kemuliaan kekal yang akan diterimanya kelak (4:16-5:10). Dia sadar bahwa penderitaan yang ia alami itu bukan hukuman atas kesalahannya. Penderitaan diizinkan Tuhan terjadi atas dirinya sebagai alat untuk memurnikan iman dan pelayanannya menuju kemuliaan kekal di kemudian hari.

Kedua, karena ia meneladani pengorbanan Kristus yang rela menderita hingga mati untuk mendatangkan pendamaian bagi manusia (5:11-21). Paulus sadar bahwa se-bagai ciptaan baru di dalam Kristus (5:17), ia adalah utusan Kristus yang mewartakan karya pendamaian yang sudah digenapkan melalui pengorbanan Kristus. Baginya, pengorbanan-nya demi Injil tidak ada artinya dibandingkan pengobanan Kristus yang mati untuk semua orang (5:14-15).

Selain untuk menghibur dan menguatkan jemaat Korintus yang sedang menderita karena iman mereka, dua alasan di atas juga menegaskan ulang status Paulus sebagai rasul sejati yang diutus Kristus (5:20-21), bukan rasul palsu sebagaimana yang dituduhkan para guru palsu. Sikap positif seharusnya menjadi respons kita saat menghadapi penderitaan karena pelayanan dan tantangan iman karena kita yakin bahwa semua penderitaan tersebut akan memurnikan iman kita menuju kemuliaan kekal kelak, dan bahwa menderita demi Kristus membuktikan bahwa kita adalah murid Kristus yang sejati. [TF]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: