Menuntaskan Pelayanan dengan Baik

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Korintus 8

Dampak memburuknya relasi antara Paulus dengan jemaat Korintus terasa di pasal 8 ini. Di akhir surat pertamanya kepada jemaat Korintus, Paulus mendorong jemaat mengumpulkan dana bagi orang-orang kudus di Yerusalem yang menderita karena iman mereka (1 Korintus 16:1-4).Saat itu, relasi mereka masih harmonis, sehingga jemaat Korintus menjalankan seruan Paulus dengan antusias. Saat relasi mereka terganggu, jemaat Korintus menghentikan pengumpulan dana (8:10-11). Menghadapi kondisi demikian, Paulus melakukan tiga hal:

Pertama, ia menceritakan dua contoh pengorbanan yang mulia sebagai dorongan semangat dan teladan bagi jemaat Korintus, yakni jemaat-jemaat di Makedonia yang memberi lebih daripada kemampuan mereka (8:1-7) dan Kristus yang rela menjadi miskin supaya umat-Nya menjadi kaya (8:8-9).

Kedua, ia mengingatkan bahwa sesama umat Allah harus saling mendukung dan saling memperhatikan (8:12-15).

Ketiga, ia mengutus Titus dan beberapa rekan kepada mereka untuk membantu mereka memulai kembali pengumpulan dana tersebut (8:16-24).

Kita dapat memetik pelajaran dari empat pihak dalam pasal ini.

Pertama, pengorbanan yang ultimat dari Kristus. Ia rela meninggalkan kemuliaan yang tak terhingga agar umat manusia yang tersesat dapat diselamatkan.

Kedua, prinsip penatalayanan yang setia dari jemaat-jemaat di Makedonia. Mereka sadar semua yang mereka miliki adalah titipan Allah yang harus digunakan bagi kemuliaan-Nya.

Ketiga, kebesaran hati dari Paulus yang rela merangkul dan memberi kesempatan pelayanan kedua kepada jemaat Korintus yang sudah mengkhianati dan menolaknya.

Keempat, kepicikan hati dan kedangkalan iman jemaat Korintus yang begitu gampang meninggalkan pelayanan karena dihasut oleh para guru palsu, mengingatkan kita untuk tidak jatuh ke dalam kesalahan yang sama. [TF]

“Maka sekarang, sama seperti kamu kaya dalam segala sesuatu, — dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami — demikianlah juga hendaknya kamu kaya dalam pelayanan kasih ini.” 2 Korintus 8:7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: