Bermegah dalam Kebodohan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Korintus 11

Di pasal ini, Paulus banyak memegahkan diri, padahal ia tahu bahwa perbuatan itu merupakan kebodohan (11:1, 16-17, 19-21). Apa pendorong yang membuat ia begitu bersemangat memegahkan diri?

Pertama, Paulus menyadari betapa besar ba-haya yang sedang dihadapi jemaat Korintus. Para guru palsu itu sangat jahat dan berbahaya. Mereka sebenarnya adalah pelayan Iblis yang menyamar sebagai rasul Kristus (11:13-15) serta mewartakan Yesus yang berbeda (11:4). Yang mencengangkan adalah bahwa jemaat Korintus dengan sabar melayani dan dila-yani mereka (11:4), serta menolak Paulus sendiri. Dalam kondisi demikian, mereka mudah disesatkan seperti Hawa disesatkan oleh ular (11:3).

Kedua, Paulus sangat mengasihi jemaat Korintus, sehingga ia tidak ingin iman jemaat disesatkan. Ia mengibaratkan dirinya seperti seorang ayah yang akan menikahkan jemaat Korintus sebagai perawan suci kepada Kristus (11:2). Hatinya hancur oleh dukacita jika iman mereka disesatkan para guru palsu itu (11:29).

Ketiga, Paulus ingin membuktikan bahwa ia mengungguli para guru palsu dalam tiga hal: keturunan sebagai orang Ibrani asli (11:22), penderitaan fisik dan bahaya yang mengancam nyawa demi Kristus (11:23-26, 32-33), serta semangat dan pengorbanan melayani Kristus (11:27-29). Oleh karena itu, Paulus berseru agar jemaat segera meninggalkan para guru palsu dan berbalik kepada Kristus yang diajarkannya. Kita dapat belajar dari kasih Paulus kepada jemaat yang membuatnya rela mengorbankan apa pun demi kebaikan umat Allah. Selain itu, kita diingatkan untuk tidak mengulang kesalahan jemaat Korintus yang imannya dangkal sehingga tidak mampu menolak ajaran sesat yang menyusup dan justru menolak Paulus yang sebenarnya adalah rasul sejati. [TF]

“Apa yang aku katakan, aku mengatakannya bukan sebagai seorang yang berkata menurut firman Tuhan, melainkan sebagai seorang bodoh yang berkeyakinan, bahwa ia boleh bermegah. Karena banyak orang yang bermegah secara duniawi, aku mau bermegah juga.” 2 Korintus 11:17-18

Satu Tanggapan

  1. Berikankami Tuhan hikmatagar faham mana ajaran sesat dan ajaran Kristus Sejati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: