Bermegah dalam Kristus

Baca: Roma 5:1-11

Sesudah penjelasan panjang mengenai pembenaran iman dalam Kristus, kini Paulus membahas hasil dari pembenaran itu, yaitu umat Allah bisa bermegah.

Mungkin kita berpikir hal ini bertentangan dengan apa yang dijelaskan Paulus sebelumnya dalam Roma 3:27. Tetapi, perhatikan lebih teliti ungkapan “tidak boleh bermegah” oleh Paulus. Yang dimaksud Paulus adalah jika kita bermegah dalam perbuatan karena kemegahan itu tidak memiliki alasan yang kuat. Akan tetapi, Paulus menganjurkan kita bermegah dalam iman kepada Yesus Kristus. Memang itulah yang kita alami dalam Tuhan. Dengan demikian, Roma 3:27 dan bacaan hari ini tidak bertentangan. Sebaliknya pada bacaan hari ini, Paulus menjelaskan lebih spesifik apa artinya bermegah dalam Allah melalui Yesus Kristus (1, 11).

Pertama, bermegah dalam Allah berarti bermegah dalam pengharapan (2; rejoice in hope). Pengharapan apakah yang dimaksud? Yaitu pengharapan bahwa kita akan menerima kemuliaan dari Allah saat kita berjumpa muka dengan muka dengan Dia di surga. Ini adalah pengharapan mulia yang kita nantikan sebagai umat tebusan Allah.

Kedua, Paulus juga menunjukkan ada kemegahan lain yang bisa kita peroleh dalam Tuhan, yaitu bermegah dalam kesengsaraan (3; glory in tribulations). Mengapa Paulus menyebutkan kesengsaaran merupakan sarana bagi orang percaya untuk bermegah? Karena kesengsaraan yang kita alami dalam Tuhan akan membawa kebaikan bagi kita dan memberi pengharapan (3-5). Dalam kesengsaraan, hidup kita dijamin oleh Tuhan (6-10) sehingga kita bisa makin bermegah sekalipun kesulitan hidup melanda hidup kita.

Jika karena imanmu, Anda merasa menderita dan sengsara, kiranya firman ini menghibur dan menguatkan hati Anda sehingga Anda bisa mengalami kekuatan Allah dan bermegah di dalam-Nya. Allah yang menjamin keselamatan kekal bagi Anda, Ia juga yang akan memelihara hidup Anda. Percayalah! [MFS]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: