Jangan Memanipulasi Allah!

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 1 Samuel 4

Ketakutan terhadap ancaman membuat seseorang berusaha mengatasi ketakutan tersebut. Kekalahan bangsa Israel terhadap bangsa Filistin dengan korban empat ribu pasukan Israel yang terbunuh membuat hati bangsa Israel ciut. Sayangnya, ketakutan akan bayangan kekalahan tidak membuat mereka datang mencari Allah, melainkan memunculkan ide untuk membawa tabut perjanjian Allah sebagai “jimat” yang dianggap mujarab untuk menghasilkan kemenangan. Tindakan spekulatif yang dilakukan bangsa Israel ini membuat bangsa Filistin menjadi ketakutan (4:7-8). Sebagai bangsa yang mengakui banyak dewa, bangsa Filistin mengakui Allah Israel sebagai salah satu dewa yang sudah terbukti Mahadahsyat dalam peperangan. Akan tetapi, Allah tidak berkenan terhadap tindakan bangsa Israel yang semaunya sendiri itu. Yang amat disayangkan, imam Eli bukan hanya tidak melarang, melainkan justru merestui. Hati imam Eli yang berdebar-debar (4:13) menunjukkan bahwa sebenarnya ia menyadari bahwa membawa tabut Allah tanpa perkenanan Allah merupakan dosa yang akan berdampak pada penghukuman Allah.

Akhir kisah pertempuran ini sangat mengenaskan: Israel terpukul kalah dan tabut Allah dirampas oleh bangsa Filistin. Kedua anak imam Eli—yaitu Hofni dan Pinehas—tewas dalam pertempuran, dan imam Eli mati secara tragis ketika mendengar berita tentang dirampasnya tabut Allah (4:17-18). Tuhan yang kudus dan adil tidak membiarkan umat-Nya mempermainkan dan menjadikan Allah sebagai “alat” untuk memberi rasa aman belaka. Allah ingin agar kita sungguh-sungguh mempercayai Dia saat menghadapi setiap persoalan, termasuk persoalan yang tersulit. [FI]

2 Tanggapan

  1. Haleluya! Ini kali pertama saya menggunakan Saat teduh on line.
    Renungan yang sangat memberkati! untuk kita sebagai umat Tuhan terus dengar2an dan mencari kehendak Tuhan dan tidak bertindak berdasarkan akal manusia semata.
    Amin.

  2. berikan kami iman yang hanya percaya kepada Tuhan Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: