Carilah Tuhan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 1 Samuel 22

Kehadiran dan dukungan keluarga dan orang-orang terdekat sangat menolong bagi seseorang yang mengalami tekanan hidup, termasuk bagi Daud yang dianggap sebagai buron oleh Raja Saul kala itu. Kedatangan orang tua dan saudara-saudara Daud di gua Adulam seperti menjadi titik balik bagi Daud untuk mulai menata kehidupan rohaninya yang sempat berantakan ketika melarikan diri dari satu tempat ke tempat yang lain. Agar lebih fokus dalam mencari kehendak Tuhan, Daud menitipkan ayah dan ibunya kepada raja negeri Moab (22:3). Bukan suatu kebetulan jika yang datang bergabung kepada Daud bukan hanya keluarganya, tetapi juga empat ratus orang dari kalangan terpinggirkan dan barisan sakit hati. Mereka ada dalam situasi tertekan seperti Daud yang juga membutuhkan Allah untuk memulihkan hati yang terluka karena ketidakadilan yang menimpa mereka.

Saat Daud memasuki tahap pemulihan hati dan mencari kehendak Allah di tengah masa sulit, Raja Saul berada dalam tahap kejatuhan yang semakin dalam dan dia semakin jauh dari Tuhan. Segala perhatian dan energinya hanyalah terpusat pada keinginan untuk membunuh Daud. Saat mendengar bahwa Daud pernah mendatangi kota Nob, ia langsung menuduh Ahimelekh mengadakan persepakatan melawan dia, lalu dia membunuh para imam dan seluruh penduduk kota Nob. Tetapi Tuhan meluputkan Abyatar, anak imam Ahimelekh.

Saat mengalami masa jauh dari Tuhan dan menghadapi pencobaan berat, jangan lupakan Tuhan karena hanya Dialah pribadi yang mampu menolong kita dari keterpurukan. Carilah wajah-Nya dan temukanlah kehendak-Nya atas hidup kita di tengah segala hal buruk yang terjadi atas diri kita. [FI]

“Aku berseru kepada Allah, Yang Mahatinggi, kepada Allah yang menyelesaikannya bagiku.” Mazmur 57:3

Satu Tanggapan

  1. Berikan bangsa ini hati yang jujur,lembut dan jauhkan dari kemunafikan Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: