Menjadi Besar karena Penyertaan Tuhan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: 2 Samuel 5-6

Saat membaca kisah kepahlawanan Daud, ada satu hal yang perlu kita waspadai, yaitu kita tidak boleh terlalu terpesona terhadap pribadi Daud, sehingga kita lupa bahwa yang membuat Daud sukses adalah penyertaan Allah (5:10). Daud sendiri pun juga menyadari hal itu. Tanpa penyertaan Tuhan, tidak mungkin Daud bisa memperoleh kekuasaan dan dihargai oleh bangsa-bangsa di sekitar Israel (5:12). Dalam keadaan nyaman, Daud mulai terpengaruh oleh kebiasaan raja-raja pada masa itu, dan ia mengambil lagi beberapa isteri dan gundik (5:13). Tindakan inilah yang pada akhirnya membuat Daud menghadapi berbagai kesulitan di masa depan. Sekalipun tindakan Daud mengambil isteri tambahan dan gundik itu patut disesalkan, iman Daud tidak goyah. Dia tetap mencari Tuhan ketika menghadapi ancaman dari bangsa Filistin, sehingga Tuhan memberikan kemenangan (5:22-25).

Salah satu hal yang patut diteladani dalam kehidupan Raja Daud adalah bahwa dalam keadaan sukses, ia tetap bersikap rendah hati, yaitu bahwa dia rela menari-nari di depan Tuhan. Saat dia menyadari bahwa Mikhal—anak raja Saul yang menjadi isterinya—memandang rendah karena dia menari-nari di hadapan Tuhan, Daud menyatakan bahwa dia tidak malu dipandang rendah oleh istrinya, bahkan dia bersedia untuk lebih direndahkan lagi.

Kekuatan dan kelemahan Raja Daud yang terpapar dalam bacaan Alkitab hari ini mengingatkan bahwa kita harus selalu waspada agar kesuksesan tidak membuat kita lengah. Menurut Anda, usaha apa yang bisa kita lakukan agar kita tidak pernah melupakan kebaikan Allah dan kita terhindar dari hal-hal yang bisa menimbulkan masalah di kemudian hari? [P]

“Lalu makin lama makin besarlah kuasa Daud, sebab TUHAN, Allah semesta alam, menyertainya.” 2 Samuel 5:10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: