Hana & Simeon: Orang Dahaga yang Menemukan Kepuasan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Lukas 2:21-40

Alkitab memperkenalkan Hana dan Simeon sebagai orang benar dan saleh yang sangat merindukan kedatangan Mesias yang membawa keselamatan dan penghiburan bagi bangsa Israel. Kerinduan yang besar tersebut menciptakan rasa dahaga rohani yang besar, yang setiap hari mendorong mereka mendekatkan diri kepada Allah dengan cara beribadah, berpua sa, dan berdoa di Bait Allah (2:25-27, 38).

Allah menghargai rasa dahaga tersebut dengan mengaruniakan dua hal istimewa kepada mereka:

Pertama, Allah memuaskan dahaga rohani tersebut dengan mempertemukan mereka dengan bayi Yesus di Bait Allah (2:28, 38). Pertemuan tersebut membawa kepuasan yang tak ternilai, sehingga Simeon menyatakan sudah siap mati dalam kepuasan dan kedamaian karena sudah bertemu dengan Yesus.

Kedua, Allah memakai mereka untuk mewartakan identitas Yesus dan karya yang akan digenapi-Nya kelak. Mereka memperkenalkan Yesus sebagai keselamatan yang berasal dari Allah, terang bagi bangsa-bangsa, dan pembawa kelepasan bagi umat Allah. Secara khusus, Simeon menubuatkan bahwa pelayanan Yesus selain mendatangkan kebangkitan rohani bagi Israel, juga mendapat perlawanan yang menghancurkan hati ibu-Nya, yakni kematian di kayu salib (2:34-35).

Rasa dahaga rohani Hana dan Simeon telah mendorong mereka untuk terus mendekatkan diri kepada Allah, sehingga mereka bertemu bayi Yesus dan mendapat kepuasan sejati. Bagaimana dengan kita? Masihkah kita memiliki rasa dahaga rohani yang mendorong kita mencari Yesus, baik lewat saat teduh pribadi maupun lewat ibadah setiap Minggu, sehingga kita menemukan kepuasan rohani sejati dan dipakai bagi ke-muliaan nama-Nya? [TF]

“Dengan segenap jiwa aku merindukan Engkau pada waktu malam, juga dengan sepenuh hati aku mencari Engkau pada waktu pagi.” Yesaya 26:9a

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: