Kebutuhan Fisik vs Kebutuhan Rohani?

Baca: Matius 4:1-11

Kata peirazÅ (1) bisa berarti pencobaan maupun ujian. Karena itu, peristiwa di padang gurun ini merupakan pencobaan sekaligus ujian (bdk. Ayb. 1-2; Yak. 1:14). Pencobaan datangnya dari Iblis untuk menjatuhkan Yesus dan menggagalkan pelayanan-Nya. Sedangkan ujian yang Yesus hadapi berkenaan dengan kesetiaan dan kebergantungan-Nya kepada Allah Bapa.

Menanggapi pencobaan pertama (3), Yesus mengutip Ulangan 8:1 yang mengajarkan bahwa Allah berkuasa memberikan manna kepada umat-Nya. Yang terpenting bagi umat-Nya adalah belajar percaya dan bergantung sepenuh hati kepada Allah. Sebab Ia mampu memelihara kebutuhan umat-Nya, lebih dari sekadar pemenuhan kebutuhan fisik semata (roti, 3-4).

Menanggapi pencobaan kedua (6), Yesus mengutip Ulangan 6:16 bahwa Allah berkuasa menjaga dan memelihara umat-Nya. Namun, seorang tidak boleh menciptakan situasi tertentu (termasuk membahayakan diri sendiri) dan memaksa Allah menolong dirinya. Tindakan tersebut sama halnya dengan mencobai Allah.

Menanggapi pencobaan ketiga (9), Yesus mengutip Ulangan 6:13. Di sini, Iblis menawarkan kuasa, otoritas, dan kekayaan instan kepada Yesus dengan syarat Dia harus menyembah Iblis. Yesus menolak tegas sambil menekankan bahwa manusia hanya boleh menyembah dan berbakti kepada Allah.

Kita boleh memiliki kebutuhan fisik, namun jangan mengabaikan kebutuhan rohani, yakni kesetiaan, kepercayaan, dan kebergantungan kita kepada Allah. Alkitab mengingatkan bahwa ada banyak keinginan atau kebutuhan kita yang bisa menjadi pintu masuk bagi Iblis untuk mencobai kita.
Ketika pencobaan-pencobaan berkaitan dengan fisik atau materi, misalnya sakit, kesulitan keuangan, atau masalah pekerjaan, segeralah datang kepada Tuhan dalam doa. Berserah diri dan percaya kepada pemeliharaan Allah, sambil menjaga diri dari pencobaan lainnya, seperti malas berusaha. Tuhan sanggup memenuhi kebutuhan kita menurut hikmat dan waktu-Nya. [RH]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: