Menghadapi Masalah Kehidupan

– Diambil dari Renungan Gereja Kristus Yesus –

Bacaan Alkitab hari ini: Yesaya 30

Masalah itu seperti sebuah mata uang yang dapat dipandang dari dua sisi. Masalah dapat dipandang sebagai ujian (yang akan membuat kita menjadi semakin maju), tetapi juga bisa dipandang sebagai pencobaan (yang akan mencelakakan kita). Bila kita memandang masalah sebagai ujian, maka masalah akan membuat kita berjuang menjadi lebih baik secara mental maupun secara rohani. Bila kita memandang masalah sebagai pencobaan, maka kita tidak akan memiliki semangat untuk memecahkan masalah dan kita bisa menempuh jalan pintas tanpa peduli bahwa jalan itu membuat kita tersesat. Masalah akan membuat kita menjadi lebih baik bila masalah membuat kita menjadi tekun dan kreatif serta membuat kita semakin bersandar kepada anugerah Allah dalam hidup kita. Masalah akan membuat kita tersesat bila kita tidak mencari pertolongan Tuhan melainkan memakai cara apa saja asal masalah terselesaikan tanpa peduli dengan kehendak dan rencana Allah. Dalam bacaan Alkitab hari ini, bangsa Yehuda ditegur Allah karena mereka meminta bantuan kepada bangsa Mesir untuk menghadapi serangan bangsa Asyur tanpa meminta persetujuan Allah (30:2). Allah menginginkan agar umat-Nya bertobat, diam, tenang, dan memercayai Allah (30:15). Meminta bantuan Mesir menunjukkan ketidaktaatan.

Apa yang biasa Anda lakukan saat Anda menghadapi masalah: Apakah Anda melakukan introspeksi diri dan berpaling kepada Allah? Pilihan Anda menentukan sikap Anda: Bila Anda memercayai Allah, Anda akan bersikap tenang. Bila Anda tidak memercayai Allah, Anda tidak akan bisa bersikap tenang! Anda akan terus-menerus merasa gelisah sebelum memperoleh jalan keluar! [P]

“Sebab itu TUHAN menanti-nantikan saatnya hendak menunjukkan kasih-Nya kepada kamu; sebab itu Ia bangkit hendak menyayangi kamu. Sebab TUHAN adalah Allah yang adil; berbahagialah semua orang yang menanti-nantikan Dia!” Yesaya 30:18

Satu Tanggapan

  1. Nats di atas sgt baik dan membuka motivasi kita dlm menghadapi masalah di dlm kehidupan ini.sungguh membuka hati agar setiap masalah yg kita alami membuat kita lebih bijak ke arah mana kita memandangnya. Di saat masalah datang sering membuat kita kecewa, dan berpikir apa yg salah buatku ? Namun nats ini membuat aku menyadarinya bahwa masalah yg kita hadapi adalah ujian buat kita karena Tuhan sgt syg buat kita agar kita lebih dkt dengan dia. Dibalik semua masalah yg kita hadapi ada rencana Tuhan yg terbaik buat kita.
    Kirannya kita bisa menyikapi setiap masalah yg kita hadapi agar kita bisa memandangnya dari segi positif agar hidup kita bisa tenang. Semoga Tuhan mencurahkan kasihnya kpd kita dan menguatkan iman kita dlm setiap masalah yg kita hadapi. Terima kasih pak Pdt yg telah yg telah menerangkan bagaimana kita dlm menghadapi masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: