Mengenal Secara Utuh

Baca: Matius 4:23-25

Titik awal pelayanan Yesus di daerah Kapernaum yang strategis kini meluas ke seluruh Galilea (23). Salah satu faktor yang membuat pelayanan Yesus menjadi terkenal adalah mukjizat penyembuhan. Tetapi, penyembuhan hanya salah satu dari tiga pelayanan yang Yesus lakukan (23). Dua pelayanan lainnya adalah mengajar secara sistematis tentang hukum-hukum Tuhan di sinagoge. Kemudian memberitakan Injil Kerajaan Allah, yakni tentang kedaulatan kuasa pemerintahan Allah (bdk. Mat. 4:17). Ketiga pelayanan ini mencakup kebutuhan rohani (mengajar dan memberitakan Injil) dan jasmani (penyembuhan). Ketiganya membentuk pelayanan yang bersifat holistik.

Bagi kerumunan massa, Yesus sebagai tokoh penyembuh, itulah yang terpenting. Terbukti bahwa penyembuhan di daerah Galilea (23) kemudian tersebar luas hingga ke seluruh daerah Siria. Akibatnya, berbondong-bondong orang dengan berbagai kondisi (24) dibawa kepada-Nya, agar disembuhkan. Dampak dari demonstrasi kuasa Yesus juga menyebar hingga ke Timur (Dekapolis dan daerah lain di sebelah Timur sungai Yordan) dan Selatan (daerah Yudea, termasuk Yerusalem). Mereka tertarik mengikut Yesus (25), bukan sebagai murid, melainkan sebagai kerumunan massa. Mereka ingin tahu lebih banyak tentang fenomena menarik dan sensasional yang sedang terjadi.

Hari ini kita diajar untuk mengenal Yesus dan pelayanan-Nya secara utuh. Menerima dan memahami Yesus hanya sebagai penyembuh, akan membuat pengenalan kita menjadi timpang. Dalam pelayanan, kita mungkin perlu melihat pelayanan gereja seperti diakonia, koinonia, dan marturia sebagai satu kesatuan yang utuh. Semuanya terkait kepada satu arah, membawa orang yang kita layani mengenal Yesus secara utuh.

Agar mengenal Yesus secara utuh, mari kita membaca kisah kehidupan dan pelayanan-Nya dalam Alkitab dengan memohon pertolongan Roh Kudus. Amati karakter-Nya, apa yang Yesus ajarkan dan praktikkan, serta keunikan Yesus dibanding orang lain. [RH]

– Santapan Harian Scripture Union Indonesia. www.su-indonesia.org  –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: