Pembalasan Allah

Baca: Mazmur 94:1-11

Salah satu teladan yang diberikan oleh Daud adalah ia membawa perkaranya kepada Hakim yang Agung, yaitu Allah. Daud tahu dengan pasti bahwa Tuhan adalah satu-satunya tempat baginya untuk mengadu. Selain Tuhan, tidak ada siapa pun yang dapat menyelesaikan permasalahannya.

Sebagai manusia, Daud dapat saja membalas orang-orang fasik itu. Namun hal itu tidak penting karena ia memilih untuk berlindung kepada Allah daripada membalas mereka.

Mazmur ini terdiri atas dua bagian, yaitu: Bagian pertama (1-7), berbicara tentang orang-orang fasik di mana mereka beria-ria, memuntahkan kata-kata kurang ajar, sombong, menindas dan membunuh janda, orang asing dan anak-anak yatim. Segala perbuatan jahat seolah-olah menunjukkan bahwa mereka menganggap Tuhan itu “buta”. Bagian kedua (8-11), berbicara tentang kemahakuasaan Allah yang mengetahui semua rancangan manusia. Semua rancangan kejahatan yang manusia lakukan merupakan cerminan kesia-siaan belaka (11).

Terkadang Allah sepertinya tidak peduli dengan umat-Nya. Padahal Tuhan tidak tuli dan tertidur ketika umat-Nya berseru kepada-Nya. Sesungguhnya, Tuhan bersedia dan dapat ditemui di tempat kudus-Nya. Permohonan umat-Nya pasti didengar-Nya. Namun, untuk mendapatkan jawaban-Nya. Ia hanya ingin kita menjadi sabar dan bertekun dalam menanti jawaban-Nya.

Tuhan berjanji akan memberikan keselamatan bagi mereka yang tertindas (lih. Mzm. 37 : 9a). Sebab janji Tuhan itu pasti, dengan satu syarat bahwa seseorang yang tertindas tersebut benar-benar merindukan-Nya. Artinya, orang tersebut benar-benar menyerahkan permasalahannya dalam kedaulatan Tuhan yang akan bertindak secara adil.

Akhir sebuah permasalahan pasti ada jawabannya. Jawaban yang diberikan Tuhan pasti selaras dengan keadilan-Nya. Mengucap syukurlah atas jawaban Tuhan terhadap persoalan hidup yang kita alami. Sebab Ia menyendengkan telinga-Nya bagi mereka yang berseru kepada-Nya (Mzm. 119: 140). [AS]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: