Pemuliaan Yesus

Baca: Matius 17:1-13

Transfigurasi berasal dari kata kerja “metamorphoo” yang artinya perubahan rupa. Apakah perubahan itu mengacu kepada jasmani atau rohani? Banyak perbedaan pendapat dari para ahli tafsir mengenai arti kata tersebut. Setidaknya ada satu hal yang pasti, yaitu pemuliaan Yesus di gunung menjadi bayang-bayang pemuliaan orang-orang percaya dalam Kristus.

Seperti biasanya, Yesus naik ke gunung untuk berdoa. Kali ini tindakan Yesus tidak lazim karena Ia hanya mengajak ketiga murid untuk berdoa (1; bdk. Luk. 9:28). Di atas gunung, Yesus berdoa sedangkan ketiga murid itu tertidur pulas. Dalam proses berdoa, Yesus mengalami transfigurasi (2; bdk. Luk. 9:29, 32). Pemuliaan yang Yesus alami bukan perubahan bentuk wajah atau tubuh. Kemuliaan yang muncul berasal dalam diri Yesus yang terpancar keluar melingkupi seluruh tubuh-Nya.

Saat transfigurasi berlangsung, Musa dan Elia muncul di hadapan Yesus (3-4). Kehadiran kedua figur penting dalam sejarah bangsa Israel yang menandakan Yesus adalah penggenapan seluruh hukum Taurat dan nubuatan para nabi (10-12). Saat itu, Musa dan Elia sedang berbicara dengan Yesus mengenai misi pembebasan Allah bagi manusia berdosa (bdk. Luk. 9:31). Di tengah pembicaraan mereka, ini kali kedua Allah mengkonfirmasi identitas Yesus sebagai anak Allah dengan disaksikan oleh ketiga murid-Nya (5-8; bdk. Mat. 3:17). Penegasan Allah atas Yesus memiliki dua arti, yaitu: Pertama, meniadakan keraguan dan kegelisahan mereka tentang penderitaan dan kematian Yesus. Kedua, membuktikan kepada murid-murid-Nya bahwa kemesiasan dan keilahian Yesus benar adanya.

Pemuliaan Yesus di kayu Salib merupakan awal dari pemuliaan yang sesungguhnya saat Ia datang kedua kalinya. Dalam proses penantian tersebut, orang-orang percaya mengambil bagian dalam keserupaan dengan Kristus sebagai perubahan rupa yang merefleksikan akan kemuliaan-Nya (bdk. 2Kor. 3:18).

Mengucap syukurlah kepada Allah sebab kita akan dimuliakan bersama Kristus! [TG]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: